- Home
- /
- New Economy
- /
- CSR
Tebar Kebaikan di Bulan Ramadan, Aqua Gelar Tur ke Masjid Ikonik yang Kaya Nilai Sejarah di Jakarta

Sebagai bagian integral dari perkembangan budaya dan peradaban Islam di Indonesia, masjid memainkan peran penting dalam membentuk identitas dan spiritualitas masyarakat Indonesia. Banyak masjid yang kaya akan nilai perjalanan sejarah budaya Islam dari masa ke masa, dan tetap relevan menjadi bagian kehidupan masyarakat hingga saat ini.
Dalam rangka menikmati momem bulan suci Ramadan sambil menjelajah masjid-masjid yang kaya nilai sejarah tersebut tentu menjadi sesuatu yang unik.
Hal ini lah yang menginspirasi Aqua dalam menggelar program tur ke masjid ikonik di Jakarta diantaranya Masjid Cut Meutia, dan Masjid Sunda Kelapa, juga Masjid Amir Hamzah di Taman Ismail Marzuki (TIM).
Kegiatan ini bertujuan untuk mengajak masyarakat mengingat kembali dan mengenal lebih dalam tentang cerita masjid-masjid ikonik di Jakarta, dan semangat untuk terus berinovasi dan menjaga relevansi sesuai dengan perkembangan zaman dan kebutuhan jemaah masa kini.
“Lewat kegiatan ini, kami ingin mengajak teman-teman media untuk mengingat kembali cerita-cerita menarik, nilai-nilai kebaikan dan kebijakan yang tercermin dalam sejarah, arsitektur, dan tokoh-tokoh agama yang ada di dalam masjid-masjid ikonik ini,” ujar Arif Mujahidin, Corporate Communication Director Danone Indonesia.
Masjid Sunda Kelapa yang didirikan dari kerinduan umat Islam di daerah Menteng yang awalnya wilayah pemukiman Belanda untuk beribadah. Dalam perkembangannya, Masjid Sunda Kelapa menjadi salah satu masjid pertama yang memelopori dipadukannya aktivitas ibadah, perekonomian, dan pendidikan. Konsep ini kemudian diikuti masjid-masjid lain yang terus berinovasi mengikuti perkembangan zaman dan kebutuhan jemaah yang terus berubah, di antaranya dengan mengadakan berbagai acara keagamaan yang dikemas dengan menarik sesuai gaya anak muda dan jemaah saat ini.
Sepeti Ramadhan Jazz Festival yang di gelar di Masjid Cut Meutia sejak tahun 2011 dan dinilai berhasil mengemas nilai-nilai keislaman melalui musik jazz yang digemari anak muda Jakarta, begitu juga di Masjid Amir Hamzah di Taman Ismail Marzuki yang memiliki desain estetik dan futuristik juga kerap menjadi tempat berkumpul seniman dan budayawan.
Sama halnya dengan masjid-masjid ikonik ini, lanjut Arif. AQUA sebagai salah satu brand air mineral asli Indonesia yang telah lebih dari 50 tahun menjadi bagian dari perjalanan umat Muslim di Indonesia juga terus berinovasi untuk tetap relevan menemani dan memenuhi kebutuhan hidrasi halal, thayyib, dan 100% murni bagi masyarakat Indonesia sesuai dengan perkembangan zaman.
J.J. Rizal, Sejarawan menambahkan pentingnya peran masjid dalam perkembangan budaya dan peradaban Islam di Indonesia. “Masjid tidak hanya menjadi tempat ibadah umat Muslim, tapi masjid juga memiliki peran penting sebagai pusat kebudayaan, pendidikan, dan simbol perjuangan masyarakat.”
Menurut ya, selama ini masjid sebagai pusat berkumpulnya umat Muslim telah menjadi salah satu unsur terpenting dalam perkembangan budaya dan peradaban Islam di Indonesia. Masjid-masjid ini bukan hanya simbol spiritualitas umat Islam, tetapi juga mencerminkan perjalanan panjang sejarah Indonesia, baik dari segi arsitektur, tokoh-tokoh agama, maupun kontribusinya terhadap masyarakat. “Dalam setiap sudut masjid ini, terukir cerita perjuangan, pengabdian, dan keagungan yang patut untuk dilestarikan, dari generasi ke generasi.”
Sementara itu Ahmad Huraera Nurhani, Sekretaris Dewan Masjid Agung Sunda Kelapa mengungkapkan apresiasnya kepada Agus. “Alhamdulillah, tahun ini kegiatan Ramadhan berjalan dengan sangat meriah dan penuh berkah. Semua ini tentu tidak terlepas dari dukungan dari AQUA, yang dengan tulus mendukung berbagai kegiatan yang kami adakan di Masjid Sunda Kelapa termasuk juga kegiatan tur masjid yang tengah dijalankan ini. Semoga dengan adanya tur ini, masyarakat dapat semakin memperdalam pemahaman tentang keindahan dan kekayaan budaya serta sejarah Islam, khususnya dalam konteks masjid-masjid yang dikunjungi.”
“Sebagai perusahaan yang berkomitmen terhadap kesejahteraan sosial, AQUA percaya bahwa cerita dan nilai-nilai kebaikan perlu dilestarikan dari masa ke masa. Sebagai brand asli Indonesia, AQUA berkomitmen untuk terus berinovasi dan memberikan dampak positif melalui berbagai program yang mendukung keberlanjutan sosial, pelestarian budaya, dan kesejahteraan umat,” tutup Arif.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Sufri Yuliardi
Editor: Sufri Yuliardi
Tag Terkait:
Advertisement