Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Telkom Siapkan 914 Personel di Posko TelkomGroup Siaga RAFI 2025

Telkom Siapkan 914 Personel di Posko TelkomGroup Siaga RAFI 2025 Kredit Foto: Istimewa
Warta Ekonomi, Bandung -

Guna memenuhi kebutuhan masyarakat yang semakin meningkat selama momen Ramadan dan Idulfitri (RAFI) 2025/1446H, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) memastikan kesiapan infrastruktur dan layanan telekomunikasi digital berjalan dengan optimal di seluruh wilayah Indonesia. 

TelkomGroup melakukan berbagai inisiatif strategis mulai dari penguatan infrastruktur dan layanan digital, penyiapan dan optimalisasi sumber daya, hingga berbagi kebahagiaan melalui berbagai kegiatan sosial. Seluruh langkah ini sejalan dengan misi Asta Cita pemerintahan RI untuk mendorong terwujudnya inklusivitas digital, mengakselerasi transformasi digital, serta meningkatkan ekonomi digital di Indonesia.

SVP Group Sustainability and Corporate Communication Telkom Ahmad Reza memaparkan bahwa untuk memastikan kelancaran seluruh layanan telekomunikasi digital TelkomGroup selama periode RAFI di wilayah Bandung dan sekitarnya, Telkom Witel Bandung mengoperasikan Posko RAFI 2025 mulai 27 Maret hingga 8 April 2025 dengan total 914 personel posko lapangan yang bertugas. 

Pada periode H-2 hingga H+2 lebaran, sebanyak 338 teknisi disiagakan secara intensif, sementara dalam rentang waktu H-7 hingga H+7 lebaran jumlah teknisi yang bertugas ditingkatkan menjadi 451 orang.

Baca Juga: Lewat Telkom Solution, Telkom Beri Layanan Segmen B2B bagi Sektor Pemerintahan, BUMN, BUMD, hingga Perusahaan Swasta

“Telkom menyiapkan sejumlah Posko Siaga RAFI untuk memastikan layanan telekomunikasi tetap andal dan optimal bagi pelanggan, terutama dalam menghadapi lonjakan trafik komunikasi selama periode RAFI,” kata Reza kepada wartawan di Bandung, Selasa (25/3/2025).

Kenyamanan pelanggan, baik untuk pelanggan retail (Business-to-Consumer/B2C), maupun segmen korporasi (Business-to-Business/B2B) selama periode RAFI 2025 senantiasa menjadi prioritas dan fokus utama bagi perusahaan. 

"Saat ini, TelkomGroup memiliki 158,4juta pelanggan Telkomsel, 9,69juta pelanggan IndiHome, 590ribu pelanggan UMKM, 2.300 pelanggan korporasi, dan 700 pelanggan pemerintahan," katanya.

Secara nasional, TelkomGroup telah melakukan penyiapan infrastruktur dan IT Tools yang optimal, di antaranya kesiapan jalur trafik internasional melalui gateway Batam dan Manado dengan 14 infrastruktur kabel laut Telkom yang beroperasi secara redundant

Pada periode RAFI tahun ini, diproyeksikan terjadi lonjakan trafik broadband menjadi sebesar 20,35 Tbps atau meningkat 28% dari periode sebelumnya. 

"Sebagai upaya untuk mengantisipasi hal tersebut, TelkomGroup melakukan peningkatan kapasitas jaringan menjadi sebesar 58,4 Tbps atau naik 11% dibandingkan tahun sebelumnya," ujarnya. 

Demi meningkatkan pengalaman terbaik pelanggan, TelkomGroup telah memetakan serta melakukan pengamanan infrastruktur dan layanan telekomunikasi di 476 PoI (Point of Interest) atau titik keramaian di seluruh Indonesia yang mencakup kawasan wisata dan pusat perbelanjaan, transportasi publik meliputi bandara, pelabuhan, dan stasiun, jalur mudik termasuk rest area dan SPBU, perumahan, serta fasilitas rumah ibadah.

TelkomGroup melakukan penguatan lebih dari 234ribu BTS 4G dan 5G Telkomsel. Pada periode RAFI 2025, pelanggan TelkomGroup dapat menikmati layanan 5G di 56 kota seluruh Indonesia. Trafik data diperkirakan meningkat hingga 16% dibandingkan periode RAFI sebelumnya atau 13.16% dibandingkan hari normal, dengan total payload mencapai 69.14 PetaBytes(PB) pada puncak RAFI 2025.

Baca Juga: Penyertaan Modal, Telkom Indonesia (TLKM) Alihkan 52,09% Saham Seri B Milik Negara ke BKI

Sedangkan untuk memastikan keandalan seluruh infrastruktur dan layanan digitalnya, TelkomGroup telah melakukan pengujian melalui rehearsal network dan drive test di lebih dari 17ribu km jalan utama, jalan tol, jalur kereta, serta jalur penyeberangan kapal. TelkomGroup juga telah melakukan uji ketahanan (stress test), pengujian ketersediaan jaringan (availability), pemantauan stabilitas koneksi, serta peningkatan cyber-security pada seluruh sistem.

Selain itu, keandalan infrastruktur dan layanan digital TelkomGroup dijaga melalui monitoring secara berkala yang dilakukan di 57 Posko RAFI, meliputi posko nasional, regional, daerah, divisi fungsi, hingga anak perusahaan. Sebanyak 480 personel posko bertugas 24/7 mulai 26 Maret sampai dengan 8 April 2025 dan melibatkan 9.000 teknisi lapangan yang merupakan kolaborasi terintegrasi TelkomGroup di seluruh Indonesia. 

"Monitoring layanan dilakukan dengan dukungan berbagai aplikasi dan perangkat, serta mekanisme laporan rutin secara harian ke posko nasional," pungkasnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Rahmat Saepulloh
Editor: Amry Nur Hidayat

Advertisement

Bagikan Artikel: