Menghadapi Tantangan Attention Economy dengan Strategi Experiential Marketing untuk Gen Z

Di era di mana perhatian konsumen menjadi mata uang paling berharga, kesuksesan sebuah brand diukur dari kemampuannya tidak sekadar menarik perhatian, tapi menciptakan kesan yang melekat dalam benak konsumen.
Sebagai jawaban atas tantangan ini, Alcor Prime, perusahaan end-to-end event ecosystem terkemuka di Indonesia, bersama Bedrock Asia, konsultan strategis dan brand builder ternama, menghadirkan solusi inovatif melalui pendekatan experiential marketing bertujuan mentransformasi perhatian Gen Z menjadi pengalaman yang memorable - karena di era Attention Economy, yang bertahan bukan brand yang paling sering muncul, tapi yang paling berkesan!
Berdasarkan riset terbaru, Gen Z memiliki rentang perhatian 8 detik - lebih pendek dari ikan mas (9 detik) dan lebih singkat dari generasi millennial (12 detik). Ditambah dengan banjirnya pilihan dan informasi, Brand kesulitan mempertahankan keterlibatan audiens, terutama Gen Z.
"Gen Z tidak lagi sekadar mengonsumsi konten—mereka ingin berpartisipasi, merasakan, dan menjadi bagian dari pengalaman itu sendiri. Inilah mengapa experiential marketing bukan sekadar tren, tapi kebutuhan," ungkap Jim, CEO Alcor Prime.
Menurut Jim, Gen Z percaya pada pengalaman, partisipasi, dan rekomendasi dari komunitas. Brand perlu menciptakan engagement emosional yang mendalam untuk memenangkan hati dan perhatian mereka.
Kolaborasi ini menghadirkan pendekatan unik untuk menangkap perhatian Gen Z melalui hadirnya Alcor Fest 2025 dengan tema: "CAPTURING GEN Z: MASTERING THE ATTENTION ECONOMY FOR YOUR BRAND". Kegiatan akan digelar pada 17 Juli 2025, pukul 10.00 WIB hingga selesai, di The Kasablanka Hall, Jakarta.
Menurut Jim, Alcor Fest 2025 bukan sekadar konferensi, tapi platform matchmaking antara; Brand yang ingin menjangkau Gen Z, Penyelenggara Acara (IP Events) yang mencari partner strategis, dan Komunitas & Kreator Konten yang menjadi kunci word-of-mouth marketing.
Kwan, CEO Bedrock Asia menambahkan, dengan Program Masterclass, Keynote, Networking dan IP Booth Experience, acara ini akan memberikan insight tentang; Cara membangun Experiential Marketing yang memorable. Strategi kolaborasi antara brand & IP event untuk menjangkau Gen Z. Dan teknik memaksimalkan Attention Economy di tengah persaingan.
"Kami tidak hanya ingin Brand 'terlihat', tapi juga 'diingat'. Dengan pendekatan experiential, kami menciptakan memori yang bertahan lama di benak Gen Z," jelas Kwan, CEO Bedrock Asia yang akan memaparkan strategi lebih rinci di Alcor Fest 2025.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Editor: Ferry Hidayat
Tag Terkait:
Advertisement