Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Transaksi Nontunai Bank Mega Syariah Terbang Tinggi Selama Periode Lebaran 2025

Transaksi Nontunai Bank Mega Syariah Terbang Tinggi Selama Periode Lebaran 2025 Kredit Foto: Bank Mega Syariah
Warta Ekonomi, Jakarta -

Sejalan dengan perkembangan teknologi dan meningkatnya adopsi layanan digital, transaksi non tunai semakin menjadi pilihan masyarakat Indonesia. Untuk mendukung gaya hidup ini, Bank Mega Syariah terus berkomitmen meningkatkan inovasi produk dan layanan yang memberikan kemudahan, keamanan, dan kenyamanan bagi nasabah dalam bertransaksi.

Corporate Secretary Division Head Bank Mega Syariah, Hanie Dewita mengatakan bahwa banyak nasabah Bank Mega Syariah yang menggunakan transaksi non-tunai saat bulan ramadan dan libur lebaran. Ini terbukti dari transaksi M-Syariah dan Syariah Card yang meningkat di momen spesial tersebut. 

Bank Mega Syariah mencatat peningkatan volume transaksi mobile banking M-Syariah sebesar 30% selama periode Lebaran dibandingkan dengan hari-hari biasa.  Fitur transaksi yang paling banyak digunakan selama Lebaran meliputi transfer antar rekening dan bank (54%), transaksi menggunakan QRIS (20%), serta pengisian saldo e-wallet (17%).

Baca Juga: Bank Mega Syariah Cetak Laba Bersih Rp253,19 Miliar di Sepanjang 2024

Pada bulan Maret 2025, peningkatan transaksi tertinggi terjadi pada transaksi transfer, yang melonjak hingga 40% dibandingkan Februari. Kemudian transaksi telekomunikasi juga mengalami kenaikan sebesar 28%, Sementara itu, transaksi menggunakan QRIS tumbuh 16% dan transaksi melalui e-wallet juga mencatat pertumbuhan yang solid sebesar 31%.

“Kami melihat adanya pergeseran kebiasaan masyarakat dalam melakukan transaksi selama Lebaran. Penggunaan layanan digital perbankan semakin meningkat, dan kami terus berkomitmen untuk memberikan pengalaman transaksi yang aman, cepat, dan nyaman bagi seluruh nasabah,” sebut Hanie.

Sebagian nasabah memanfaatkan momen Lebaran dengan bijak dengan menyisihkan sebagian dana mereka untuk diinvestasikan ke dalam instrumen keuangan yang aman dan menguntungkan, seperti deposito digital melalui aplikasi m-Syariah. Per Maret 2025, jumlah dana yang ditempatkan dalam deposito online mengalami peningkatan 19% dibandingkan bulan Februari 2025.

Di tengah lonjakan transaksi yang signifikan, Bank Mega Syariah tetap sukses menjaga kualitas layanan. Sepanjang periode lebaran, aplikasi mobile banking M-Syariah berjalan optimal tanpa kendala yang berarti, memastikan kenyamanan pengguna dalam melakukan transaksi kapan saja dan di mana saja.

“Kami bersyukur bahwa infrastruktur teknologi yang kami kembangkan mampu menangani peningkatan transaksi dengan baik. Stabilitas layanan merupakan prioritas utama kami agar nasabah dapat terus menikmati kemudahan dalam bertransaksi, terutama di momen-momen penting seperti lebaran,” tutur Hanie.

Baca Juga: Mantap! Program Berkah Berlimpah Mega Syariah Sukses Kerek DPK dan Pembiayaan Konsumer

Selain transaksi M-Syariah, penggunaan Syariah Card juga menunjukkan tren positif. Selama periode ramadan dan libur lebaran, transaksi Syariah Card meningkat lebih dari 100% dibandingkan rata-rata per bulan di sepanjang 2024 atau meningkat lebih dari 164% dibandingkan periode lebaran tahun 2024.

Kategori transaksi dengan volume tertinggi mencakup Ritel & Marketplace sebesar 16%, diikuti oleh Pakaian & Busana (9%), serta Restoran (7%). Sektor lain yang juga mencatat transaksi signifikan adalah Kesehatan & Kecantikan (6%), Otomotif & Kendaraan (6%), dan Telekomunikasi (6%).

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Fajar Sulaiman

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: