Adaptif Tingkatkan Pengalaman Pelanggan, Ini Tiga Pilar Strategi Astra Property Tahun 2025
Kredit Foto: Istimewa
Astra Property berfokus pada tiga strategi utama di tahun 2025 ini. Ketiga strategi tersebut meliputi peningkatan pengalaman pelanggan, transformasi digital terintegrasi, serta pengembangan ekosistem properti yang berkelanjutan. Hal itu tak lepas dari komitmen Astra Property untuk adaptif dan relevan di tengah dinamika industri properti yang terus berkembang.
Presiden Direktur Astra Property, Wibowo Muljono, mengatakan bahwa perubahan dan tantangan yang terus berlangsung di sektor properti perlu dihadapi dengan solusi inovastif dan berkelanjutan. Komitmen tersebut didukung oleh operasional yang solid, pengelolaan biaya efisien, dan produktivitas tinggi yang telah menjadi budaya perusahaan, yang diwariskan oleh Presdir Astra Property sebelumnya, Nilawati Irjani.
"Dengan memperkuat tiga pilar utama, kami optimis Astra Property akan terus memberikan nilai tambah bagi seluruh pemangku kepentingan," pungkas Wibowo Muljono, Selasa, 22 April 2025.
Nilawati Irjani menyampaikan bahwa bersyukur atas berbagai pencapaian yang berhasil diraih Astra Property selama masa baktinya hingga April 2025. Semua ini tentu berkat kerja keras dan kolaborasi luar biasa dari seluruh tim.
"Kami telah bersama-sama membangun fondasi yang kuat untuk pertumbuhan berkelanjutan ke depan. Saya percaya, di bawah kepemimpinan Pak Wibowo Muljono, Astra Property akan terus berkembang dan memberikan kontribusi positif," jelas Nilawati.
Baca Juga: OJK Godok Aturan Risk Sharing Asuransi Kredit untuk Pindar
Pencapaian dan Pertumbuhan Kinerja Tahun 2024
Astra Property mencatatkan kinerja positif sepanjang 2024 dengan Customer Satisfaction Index (CSI) yang mencapai 92%. Capaian ini didukung oleh tingkat hunian proyek komersial, penjualan di proyek-proyek residensial, serta efisiensi operasional yang semakin optimal. Di sektor residensial, Astra Property sukses meluncurkan Altea BLVD di kawasan Cibubur yang meraih sertifikasi Greenship Platinum dari Green Building Council Indonesia.
Sementara di sektor komersial, pembangunan Arumaya Office telah dimulai dan ditargetkan rampung pada akhir 2025. Selain itu, perusahaan mulai melakukan ekspansi ke sektor industrial melalui pengembangan proyek modern warehouse di Cikarang dan Cibinong. Prestasi Astra Property turut tercermin dari berbagai penghargaan bergengsi, seperti Best Housing Project di Jakarta untuk Asya dari Golden Property Awards, Best Residential Green Development untuk Ammaia Ecoforest dari Indonesia Property Awards, serta BCI Asia Top 10 Developers Award 2024 untuk Astra Property.
Asya berhasil meraih sertifikasi Gold Greenship Neighborhood, sementara Altea BLVD mendapatkan sertifikasi Platinum Greenship Neighborhood dari Green Building Council Indonesia. Resta Pendopo KM 456 juga kembali dinobatkan sebagai Rest Area Tipe B Terbaik oleh Kementerian Pekerjaan Umum, untuk kelima kalinya secara berturut-turut.
Baca Juga: Myopia Pemasaran di Industri Asuransi Indonesia
Sinergi Tiga Pilar Wujudkan Hunian Cerdas, Nyaman, dan Berkelanjutan
Astra Property terus mengembangkan ekosistem hunian yang komprehensif melalui kemitraan strategis untuk memperkaya pengalaman pelanggan. Inisiatif yang disiapkan meliputi beroperasinya Sekolah Internasional SIS di Asya mulai Q2 2025, pengembangan konsep F&B seperti Tiembi di Altea BLVD dan Vilo di Asya, serta fasilitas olahraga bersama Tangkas dan DBL Academy. Selain itu, perusahaan melanjutkan program panel surya di Cluster Kelimutu dan penerapan smart home di seluruh cluster residensial.
Dalam aspek digitalisasi, Astra Property melanjutkan roadmap strategis jangka panjang yang berfokus pada Customer Experience dan Operation Excellence. Platform My Astra Property terus dikembangkan dengan fitur baru seperti pre-settlement, pembayaran IPL, LIVNG Essentials, serta opsi sewa dan jual kembali unit untuk mempermudah penghuni dan penyewa mengakses layanan. Strategi Digital Marketing dioptimalkan dengan integrasi berbagai channel digital untuk menjangkau calon customer lebih efektif dan meningkatkan efisiensi operasional.
Selain itu, platform APQ (Astra Property Quality) akan diterapkan di seluruh rumah tapak dan gedung perkantoran guna memastikan standar konstruksi yang konsisten dan proses handover unit yang lancar. Bertepatan dengan Hari Bumi, Astra Property menegaskan komitmen keberlanjutannya dengan menetapkan target ESG 2025, mencakup pengurangan emisi karbon, peningkatan proporsi energi terbarukan, efisiensi penggunaan air, dan pengelolaan limbah yang lebih baik.
Program keberlanjutan unggulan yang akan diluncurkan meliputi Corporate Assistance Program (CAP) yang mendukung dekarbonisasi dalam rantai pasok dengan membantu supplier dan kontraktor memahami dampak emisi dan langkah-langkah strategis untuk menguranginya. Astra Property juga berkolaborasi dengan grup bisnis Astra dalam Water & Solid Waste Management Project melalui sesi kelas dan coaching clinic untuk mengembangkan program pengelolaan air dan limbah yang lebih efektif.
Astra Property juga mengimplementasikan Mandatory Key Action (MKA), sebuah safety framework untuk memperkuat nilai-nilai K3 melalui safety golden rules dan pengembangan kompetensi K3. Proyek Mendatang dan Rencana Pengembangan Jangka Panjang pada 2025, strategi ekspansi Astra Property akan tetap berfokus di Jabodetabek, dengan penguatan portofolio residensial dan komersial. Sementara itu, ekspansi sektor industrial dilanjutkan melalui pengembangan modern warehouse, seiring tren pasar properti yang positif di kawasan ini.
Astra Property akan meluncurkan sejumlah proyek baru untuk memperkuat posisinya di industri properti. Di antaranya, peluncuran Cluster Rivella di Altea BLVD, pengembangan modern warehouse di Cikarang (Cikarang Logistics Park 1 & 2) dan Cibinong, dan penyelesaian Arumaya Office pada semester kedua 2025. Asya juga akan menambah portofolio dengan cluster baru, sementara Ammaia Ecoforest akan menghadirkan produk baru sesuai kebutuhan pasar di Cikupa. Selain itu, akan ada projek residensial baru yang berkolaborasi dengan Sinarmas Land yang akan diperkenalkan di semester dua pada tahun ini.
“Kami terus berupaya menghadirkan manfaat jangka panjang bagi seluruh pemangku kepentingan. Selain beradaptasi dengan kebutuhan pasar, keberlanjutan akan tetap menjadi landasan setiap inisiatif yang memastikan pengembangan tetap menjaga kualitas dan lingkungan bagi generasi mendatang. Melalui kolaborasi dan inovasi berkelanjutan, kita bersama dapat menciptakan masa depan yang lebih baik,” tutup Wibowo.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Editor: Amry Nur Hidayat
Tag Terkait:
Advertisement