- Home
- /
- Kabar Finansial
- /
- Bursa
Laris Manis! Produsen Kosmetik Pixy (TCID) Catat Penjualan Rp551,2 Miliar di Q1 2025
Kredit Foto: Mandom Indonesia
Emiten produk perawatan kulit dan kosmetik, PT Mandom Indonesia Tbk (TCID) berhasil membukukan lonjakan penjualan hingga 35,9% pada kuartal pertama 2025, dari Rp405,6 miliar di periode yang sama tahun lalu menjadi Rp551,2 miliar. Lonjakan ini terutama didorong oleh peningkatan signifikan penjualan domestik yang tumbuh 69,9%, dari Rp229,9 miliar menjadi Rp390,7 miliar.
Segmen produk perawatan kulit dan makeup menjadi bintang dengan pertumbuhan tertinggi, melonjak 60,1% dari Rp130,1 miliar menjadi Rp208,4 miliar. Sementara dua kategori lainnya, yakni wangi-wangian dan perawatan rambut, juga menunjukkan kinerja positif masing-masing tumbuh 43,9% dan 14% dibanding kuartal I-2024. Sayangnya, penjualan ekspor justru turun 8,6%, dari Rp175,7 miliar menjadi Rp160,6 miliar.
Baca Juga: Cerita Go Wie Liem Membangun Implora dari Bisnis Kecil di Sidoarjo Jadi Raksasa Kosmetik Indonesia
Pada periode ini, beban pokok penjualan meningkat 12,9% menjadi Rp394,4 miliar, namun rasio terhadap penjualan bersih turun signifikan dari 86,1% menjadi 71,6%. Hasilnya, laba kotor meroket 178,6% menjadi Rp156,8 miliar dari Rp56,3 miliar.
Beban usaha memang naik 40,4%, namun hal ini seiring dengan langkah agresif perusahaan dalam berinvestasi pada iklan dan promosi untuk mendukung peluncuran produk-produk baru sejak kuartal IV 2024.
Keberhasilan strategi ini terlihat jelas. Pada periode Januari-Maret 2025, Mandom Indonesia sukses mencetak laba usaha sebesar Rp32,2 miliar dan laba bersih Rp30,2 miliar. Produk-produk baru dari merek ternama seperti GATSBY, PIXY, PUCELLE, LOVILLEA, hingga LUCIDO-L mencatatkan kinerja cemerlang.
Baca Juga: Kemenperin Dorong Pengembangan Daya Saing IKM Kosmetik dan Obat Tradisional Tembus Pasar Global
Seri kosmetik wanita PIXY yang merupakan bagian dari rebranding besar-besaran sejak akhir 2024 juga terbukti sukses, mencatatkan pertumbuhan kinerja double digit yang signifikan. Hal ini menunjukkan bahwa berbagai strategi yang disiapkan sepanjang 2024 membuahkan hasil manis di awal tahun ini.
“Di tahun 2025, kami akan berupaya untuk dapat mencatatkan pertumbuhan penjualan yang positif dan kembali mencatatkan laba bersih melalui berbagai strategi yang telah dipersiapkan,” tegas Presiden Direktur/CEO PT Mandom Indonesia, Koichi Watanabe.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Belinda Safitri
Editor: Belinda Safitri
Tag Terkait:
Advertisement