- Home
- /
- New Economy
- /
- CSR
Melalui Kampanye 'Satu Kopi, Satu Aksi', FamilyMart Indonesia Angkat 8 Ton Sampah dari Sungai
Kredit Foto: Istimewa
Dari secangkir kopi, lahir aksi nyata untuk lingkungan, inisiatif nyata yang digulirkan oleh FamilyMart Indonesia (PT Fajar Mitra Indah), perusahaan ritel modern asal Jepang yang berada di bawah naungan Wings Group dalam rangka memperingati Hari Bumi,.
“Satu Kopi, Satu Aksi”, Klmerupakan kampanye yang menjadi langkah awal FamilyMart dalam mengajak pelanggan untuk turut serta menjaga lingkungan melalui aksi nyata yang berdampak langsung.
Program Satu Kopi, Satu Aksi telah dimulai sejak 22 April 2025 selama dua hari, bertepatan dengan Hari Bumi di mana setiap pembelian produk Kopi Susu Keluarga akan secara otomatis dikonversi menjadi donasi untuk mendukung aksi pembersihan sungai.
Melalui partisipasi pelanggan, secangkir kopi menjadi bentuk kontribusi terhadap masa depan bumi yang lebih bersih.
Puncak dari kegiatan ini berlangsung pada 30 April 2025 lalu dalam bentuk aksi bersih-bersih sungai di daerah Jabodetabek yang dilakukan bersama Pandawara Group, komunitas anak muda yang dikenal luas akan kepedulian mereka terhadap isu lingkungan, khususnya dalam membersihkan area sungai dari sampah.
Dalam kegiatan bersih-bersih ini, total 8 ton sampah berhasil dibersihkan dari sungai tersebut. Sampah yang berhasil dikumpulkan tidak akan berakhir di tempat pembuangan akhir, pasalnya, FamilyMart menggandeng mitra pengelola sampah untuk memastikan sampah dipilah dan didaur ulang dengan baik.
Selanjutnya, sampah plastik yang telah diolah akan dikirimkan ke Robries untuk diubah menjadi produk upcycle seperti meja dan kursi ramah lingkungan, yang nantinya akan dipajang di beberapa gerai FamilyMart sebagai simbol perubahan dan edukasi kepada pelanggan.
CEO FamilyMart Indonesia, Wirry Tjandra mangatakan, tanggung jawab perusahaan tidak hanya terletak pada pertumbuhan bisnis, tetapi juga pada keberlanjutan lingkungan. “Melalui program 'Satu Kopi, Satu Aksi', kami ingin mengambil langkah nyata dalam pelestarian sungai dan lingkungan sekitar. Namun, kami menyadari bahwa kami tidak bisa berjalan sendiri. Diperlukan kerja sama dari berbagai pihak -masyarakat, komunitas, dan pelanggan. Mari kita mulai dari hal-hal kecil: membuang sampah pada tempatnya, tidak mencemari saluran air, dan ikut serta dalam kegiatan bersih-bersih sungai.”
Lebih lanjut ia mengatakan, FamilyMart percaya bahwa kolaborasi dengan komunitas dan pelanggan dapat menciptakan dampak yang nyata bagi bumi. Kampanye ini menjadi komitmen awal dari perjalanan panjang menuju keberlanjutan yang lebih baik.
“Kami berharap, melalui langkah ini, generasi mendatang masih bisa menikmati keindahan dan manfaat sungai yang lestari,” pungkas Wirry Tjandra
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Sufri Yuliardi
Editor: Sufri Yuliardi
Tag Terkait:
Advertisement