Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Gandeng WPC, SMBC Indonesia Dorong Pelaku UMKM Perempuan Tembus Pasar Global

Gandeng WPC, SMBC Indonesia Dorong Pelaku UMKM Perempuan Tembus Pasar Global Kredit Foto: Istimewa
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Bank SMBC Indonesia Tbk menggandeng Womanpreneur Community/SheTrades Hub Indonesia (WPC) dalam kerja sama strategis melalui program Daya untuk menjawab tantangan rendahnya akses pelaku UMKM perempuan terhadap pelatihan dan pasar global. 

“Kolaborasi dengan WPC merupakan bagian dari komitmen berkelanjutan SMBC Indonesia melalui program Daya dalam pilar peningkatan kapasitas usaha, khususnya mendukung pemberdayaan ekonomi para pengusaha perempuan. Melalui kemitraan strategis ini, kami berupaya memperkuat kapasitas kewirausahaan pengusaha perempuan melalui pelatihan, akses pasar yang lebih luas, serta penguatan kemandirian ekonomi,” ujar Communications and Daya Head SMBC Indonesia, Andrie Darusman. 

Lewat sinergi ini, kedua pihak berkomitmen untuk membuka akses pasar baru, mendorong produk-produk UMKM perempuan agar mampu bersaing secara global, serta menciptakan dampak jangka panjang yang berkelanjutan. SMBC Indonesia dan WPC juga tengah menyusun rencana operasional bersama agar seluruh program berjalan efektif dan memberikan hasil yang terukur.

Baca Juga: Laba Tipis Tapi Pasti, SMBC Indonesia Kunci Kuartal I dengan Rp634 Miliar

Kolaborasi ini tidak hanya fokus pada pelatihan teknis, tetapi juga mencakup dukungan strategis. Di antaranya pelatihan dan mentoring kewirausahaan seputar manajemen keuangan, strategi pemasaran, serta pengembangan produk UMKM. Selain itu, ada juga pelatihan ekspor 101 yang membahas akurasi produk, pilihan negara tujuan ekspor, hingga persiapan dokumen dan regulasi negara terkait.

“Kolaborasi ini diharapkan dapat turut memperkuat peran aktif WPC dalam membina, mendukung, dan berkontribusi dalam pemberdayaan ekonomi perempuan di Indonesia melalui kolaborasi antara para anggota, mitra, dan semua pemangku kepentingan," ujar Co-Founder Womanpreneur Community/SheTrades Hub Indonesia, Tantrie Soetjipto. 

Baca Juga: Dipacu Kinerja Grup OTO, SMBC Indonesia Raup Pendapatan Operasional Rp4,6 Triliun

Selain membuka akses pelatihan dan pasar, kemitraan ini juga bertujuan menjembatani koneksi dan kemitraan strategis yang membantu pelaku UMKM perempuan menjangkau peluang ekspor dan mempromosikan produknya secara internasional.

“Kami bangga dapat menjalin kerjasama dengan SMBC Indonesia melalui program Daya, sebagai partner yang memiliki kesamaan visi dan misi dalam pemberdayaan,” kata Founder Womanpreneur Community/SheTrades Hub Indonesia, Irma Sustika. 

Lebih dari itu, SMBC Indonesia dan WPC turut menaruh perhatian pada aspek kesetaraan gender melalui upaya advokasi. Kolaborasi ini menegaskan pentingnya partisipasi adil bagi perempuan dalam sektor bisnis dan ekonomi.

“Kami percaya, inisiatif ini akan membuka lebih banyak peluang bagi perempuan Indonesia untuk berkembang dan berkontribusi secara nyata dan bermakna terhadap pertumbuhan ekonomi nasional,” tutup Andrie.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Belinda Safitri
Editor: Belinda Safitri

Advertisement

Bagikan Artikel: