Kredit Foto: DJKI
Menteri Perdagangan Budi Santoso mengungkapkan produk Indonesia mampu bersaing di pasar global, bahkan di kawasan yang belum banyak dijajaki para eksportir tanah air.
Hal tersebut dibuktikan dengan ekspor 8.872 pasang produk alas kaki buatan CV Rumah Jeddiah senilai USD 38 ribu, atau sekitar Rp618 juta di Suarabaya, Jawa Timur ke Kuwait pada Selasa (3/6/2025).
Baca Juga: Indonesia Gandeng Inggris Kembangkan AI, Siap Hadapi Gelombang Disrupsi Digital!
CV Rumah Jeddiah merupakan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Surabaya yang fokus pada produksi alas kaki dan telah berorientasi ekspor.
“Kami harap, produk-produk UMKM tidak hanya beredar di pasar dalam negeri, tapi juga semakin banyak yang ekspor. Ekspor alas kaki ke Kuwait kali ini menunjukkan bahwa produk Indonesia mampu bersaing di pasar global, bahkan di kawasan yang belum banyak dijajaki eksportir kita. Syaratnya, harus punya kualitas dan mampu bersaing,” kata Mendag Busan, dikutip dari siaran pers Kemendag, Rabu (11/6).
Meskipun ini ekspor perdananya ke Kuwait, CV Rumah Jeddiah sebenarnya sudah memiliki pengalaman ekspor. Pada Desember 2024, CV Rumah Jeddiah mengekspor 5.000 pasang sepatu dengan nilai transaksi hampir USD 22 ribu ke Libya, Afrika Utara.
Dengan pendekatan berbasis kemitraan dan pemberdayaan, perusahaan ini telah berhasil memperluas pasar ekspornya. CV Rumah Jeddiah memberdayakan masyarakat lokal melalui kemitraan dengan lebih dari 60 UMKM dari Mojokerto, Sidoarjo, dan Surabaya yang melibatkan lebih dari 800 perajin.
“Saya mengapresiasi CV Rumah Jeddiah atas komitmen dan kerja kerasnya dalam mengembangkan produk yang berkualitas dan berdaya saing global. Keberhasilan ini membuktikan bahwa UMKM Indonesia mampu menembus pasar internasional sekaligus menjadi motor penggerak ekonomi lokal lewat pemberdayaan masyarakat," ujar Mendag Busan.
Sementara itu, Direktur CV Rumah Jeddiah Daniel Oktavianus menyampaikan apresiasinya atas dukungan Kementerian Perdagangan, khususnya melalui fasilitasi yang dilakukan para perwakilan perdagangan (perwadag) RI di luar negeri.
“Kami sangat berterima kasih atas dukungan yang diberikan Kemendag, terutama melalui perwadag RI di luar negeri yang telah membantu mempertemukan kami dengan calon pembeli dan membuka akses ke pasar internasional,” ujar Daniel.
Ekspor Alas Kaki dan Perdagangan Indonesia-Kuwait
Pada kuartal I 2025, ekspor produk alas kaki Indonesia ke seluruh dunia tercatat sebesar USD 1,89 miliar. Sementara itu, Indonesia menempati peringkat ke-6 dunia sebagai eksportir produk alas kaki dengan nilai ekspor mencapai USD 7,08 miliar pada 2024. Selama lima tahun terakhir (2020—2024), pertumbuhan rata-rata ekspor sektor ini mencapai 8,51 persen per tahun.
Sementara itu, ekspor Indonesia untuk sektor alas kaki ke kawasan Timur Tengah pada 2024 tercatat mencapai USD 9,71 miliar. Kuwait menjadi mitra dagang peringkat ke-7 Indonesia di kawasan tersebut untuk produk alas kaki.
Pada Januari-Maret 2025, total perdagangan Indonesia dan Kuwait mencapai USD 207,00 juta. Ekspor Indonesia ke Kuwait tercatat USD 88,22 juta, sementara impor Indonesia dari Kuwait USD 118,78 juta.
Sementara itu, pada 2024, total perdagangan kedua negara tercatat sebesar USD 547,53 juta. Ekspor Indonesia ke Kuwait mencapai USD 218,31 juta dengan pertumbuhan rata-rata 15,5 persen per tahun dalam lima tahun terakhir (2020–2024).
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Ulya Hajar Dzakiah Yahya
Editor: Ulya Hajar Dzakiah Yahya
Tag Terkait:
Advertisement