Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Beli Mahal-mahal, Pengguna iPhone Geram Dapat Iklan di Aplikasi

Beli Mahal-mahal, Pengguna iPhone Geram Dapat Iklan di Aplikasi Kredit Foto: Unsplash/Martin Sanchez
Warta Ekonomi, Jakarta -

Sejumlah pengguna iPhone di Amerika Serikat melayangkan keluhan atas kemunculan iklan film originalApple berjudul F1 The Movie di aplikasi Wallet. Notifikasi promosi tersebut dinilai mengganggu, terutama karena muncul tiba-tiba pada aplikasi sistem yang tidak umum menampilkan iklan.

Film F1 The Movie dibintangi Brad Pitt dan mengangkat tema balap Formula 1. Dalam produksi film ini, Apple memanfaatkan teknologi miliknya, termasuk kamera khusus berbasis komponen iPhone untuk merekam langsung dari dalam mobil balap.

Tidak hanya di Wallet, promosi film juga dilakukan lewat trailer dengan efek haptic (getaran) yang ditayangkan saat ajang tahunan WWDC 2025. Upaya promosi ini memicu perdebatan di media sosial.

Baca Juga: Setelah Amblas 9%, Penjualan iPhone Mulai Ngegas Lagi di China

"Saya tidak membayar lebih dari US$ 1.000 [Rp 16,29 juta] hanya untuk iklan," kata pengguna Reddit dengan nama Captain42d. Pengguna lainnya di Reddit turut menanyakan cara menghilangkan iklan serupa di perangkat mereka.

Dikutip dari TechCrunch, pengguna Apple dikenal sensitif terhadap konten iklan yang muncul secara tiba-tiba. Kecenderungan ini memperlihatkan bahwa strategi promosi Apple berisiko menimbulkan resistensi di kalangan pelanggan setia.

Baca Juga: Trump Desak Apple dan Samsung Produksi di AS, Ancam Tarif 25% untuk iPhone Impor

Sebagai respons, Apple diketahui telah menyisipkan opsi kontrol iklan di versi beta iOS 26, berupa fitur untuk menonaktifkan "Offers & Promotions" di aplikasi Wallet. Namun, bagi pengguna dengan versi iOS sebelumnya, fitur tersebut belum tersedia. Satu-satunya opsi saat ini adalah menonaktifkan notifikasi atau menyembunyikan promo kartu saat proses checkout.

Adanya kontrol baru tersebut mengisyaratkan bahwa Apple kemungkinan besar akan makin agresif dalam menyisipkan konten promosi di aplikasi Wallet ke depannya, kendati belum tentu disukai pengguna.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Ida Umy Rasyidah
Editor: Annisa Nurfitri

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: