Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Sosialisasi 'PLN Mobile' di Semper Barat, PLN UIP JBB Gencarkan Edukasi Digital

Sosialisasi 'PLN Mobile' di Semper Barat, PLN UIP JBB Gencarkan Edukasi Digital Kredit Foto: Istimewa
Warta Ekonomi, Jakarta -

Dalam rangka memperluas pemahaman masyarakat terhadap kemudahan layanan kelistrikan berbasis digital, PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Barat (PLN UIP JBB) menggelar sosialisasi sekaligus edukasi penggunaan aplikasi PLN Mobile di RW 005 Kelurahan Semper Barat, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara pada Jumat (20/6/2025).

Acara tersebut dihadiri oleh Lurah Semper Barat, Ketua RW 005, tokoh masyarakat, serta warga yang antusias mengikuti paparan dari tim PLN UIP JBB. Sosialisasi ini menjadi ruang dialog yang terbuka dan edukatif antara PLN dan masyarakat.

Dalam paparannya, Cepy Nursyamsi Ardiansyah, Assistant Manager Komunikasi dan TJSL PLN UIP JBB, menyampaikan bahwa PLN terus berupaya meningkatkan layanan kepada pelanggan melalui transformasi digital, salah satunya lewat aplikasi PLN Mobile.

“PLN Mobile bukan hanya aplikasi untuk membeli token atau cek tagihan listrik. Lebih dari itu, aplikasi ini menjadi pintu masuk berbagai layanan kelistrikan, mulai dari pelaporan gangguan, pemantauan progres layanan, hingga pengajuan permohonan pasang baru atau perubahan daya secara daring,” jelas Cepy. 

Baca Juga: Lewat Zero Waste Warriors, 18 Ribu Volunteer PLN Sukses Kumpulkan 170,80 Ton Sampah

Ia meneruskan, “Kami ingin masyarakat tidak merasa jauh dengan layanan PLN. Melalui sosialisasi ini, kami hadir langsung di tengah warga untuk menunjukkan bahwa akses layanan kini lebih cepat, mudah, dan transparan.”

Warga terlihat antusias ketika sesi diskusi. Salah satu warga RW 005, Senja menanyakan prosedur pengajuan penggantian KWh meter yang langsung mendapatkan jawaban bahwa pengajuan tersebut dapat dilakukan langsung melalui menu layanan pada aplikasi PLN Mobile tanpa perlu datang ke kantor layanan.

“Wah saya pikir harus datang ke kantor PLN kalau meteran rusak, ternyata sekarang bisa dari HP langsung, itu luar biasa. Saya baru tahu dan langsung mau coba install aplikasinya,” ujar Senja.

Tak hanya itu beberapa warga lainnya, turut berbagi pengalamannya menggunakan aplikasi tersebut. “Saya sudah beberapa bulan pakai PLN Mobile, dan memang terasa sekali manfaatnya. Kalau listrik padam, saya lapor dari aplikasi, dan ada notifikasi prosesnya. Tidak seperti dulu yang serba tidak pasti,” tuturnya.

Selain mengangkat topik digitalisasi layanan, kegiatan ini juga mensosialisasikan rencana pembangunan sanitasi dan instalasi pengolahan air limbah (IPAL) komunal di wilayah Semper Barat, yang merupakan bagian dari program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PLN UIP JBB.

IPAL ini akan dibangun dengan memanfaatkan fly ash bottom ash (FABA), limbah sisa pembakaran batu bara dari pembangkit listrik yang kini telah dikategorikan sebagai Non B3 (bahan berbahaya dan beracun), serta dapat digunakan sebagai material konstruksi.

Baca Juga: Srikandi PLN UIP JBB Sosialisasikan PLN Mobile kepada Masyarakat di Serang, Tingkatkan Literasi Digital Masyarakat Sekitar Proyek

Lurah Semper Barat, Sukarmin yang hadir dalam acara ini menyambut baik kegiatan tersebut. Dalam sambutannya, ia menyampaikan apresiasi kepada PLN atas kepedulian terhadap lingkungan dan kemajuan pelayanan publik.

“Kami mengapresiasi langkah PLN dalam mengedukasi masyarakat tentang penggunaan layanan digital PLN Mobile, dan terlebih lagi atas kontribusi nyatanya melalui program pembangunan IPAL ini. Semoga sinergi ini membawa manfaat jangka panjang bagi warga kami,” ujarnya.

Defiar Anis, General Manager PLN UIP JBB, dalam pernyataannya secara terpisah menyampaikan bahwa PLN hadir bukan hanya untuk menerangi, tapi juga menunjukkan kepedulian nyata terhadap masyarakat. 

“Sosialisasi seperti ini menjadi jembatan antara teknologi, keberlanjutan, dan kebutuhan masyarakat. Kami ingin memperkenalkan aplikasi PLN Mobile agar semakin banyak warga yang bisa menikmati kemudahan dalam mengakses kebutuhan kelistrikan, selain itu kami juga hadir melalui program TJSL sebagai wujud tanggung jawab kami terhadap masyarakat,” pungkas Anis.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Amry Nur Hidayat

Advertisement

Bagikan Artikel: