Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Hasil Survei: Banyak yang Meremehkan Perempuan Bisa Membeli Mobil

Hasil Survei: Banyak yang Meremehkan Perempuan Bisa Membeli Mobil Kredit Foto: Istimewa
Warta Ekonomi, Jakarta -

Hasil survei dari Citroen di Inggris mencatat bahwa perempuan empat kali lebih mungkin mencari staf penjualan perempuan saat hendak membeli mobil, dibanding pria.

Namun, dengan hanya sekitar 25 persen staf penjualan otomotif di Inggris yang perempuan, menurut data Institute of the Motor Industry (IMI), harapan ini masih jauh dari kenyataan.

"Tantangannya adalah ketika perempuan masuk ke dealer mobil, mereka tak melihat sosok staf perempuan. Ini memperlebar jarak representasi gender yang sudah ada di sektor otomotif,” ujar seorang juru bicara IMI seperti dilansir dari autocar.co.uk.

IMI saat ini tengah menjalankan kampanye “There’s more to Motor”, untuk mendorong lebih banyak perempuan melihat peluang karier di industri otomotif dan menyoroti sosok-sosok perempuan yang sudah sukses di bidang ini.

Justine Roberts, pendiri dan CEO Mumsnet yang juga jadi forum daring terbesar untuk ibu dan keluarga di Inggris juga mengamini hasil survei ini.

“Pengguna kami selama bertahun-tahun melaporkan bahwa mereka sering diperlakukan stereotipikal atau meremehkan saat membeli mobil. Banyak yang merasa diabaikan dan staf malah lebih memilih berbicara dengan pasangan laki-laki mereka,” kata Roberts.

Ia menambahkan bahwa meskipun perlakuannya bukan dalam bentuk permusuhan langsung, namun “akumulasi isyarat kecil yang meremehkan” menciptakan kesan bahwa perempuan tak dihargai sebagai pelanggan. “Kurangnya staf perempuan di dealer juga memperparah sikap dan pandangan usang ini,” katanya.

“Siapa pun yang gagal menciptakan lingkungan inklusif akan berisiko kehilangan kelompok pelanggan perempuan yang bukan hanya berpengaruh dalam keputusan pembelian, tetapi juga kini semakin berani bersuara tentang pengalaman buruk mereka,” kata Roberts, seraya memperingatkan para dealer.

Menanggapi hasil survei ini, Managing Director Citroën UK Greg Taylor menegaskan bahwa mereknya berkomitmen untuk menciptakan pengalaman membeli mobil yang positif bagi semua pelanggan, tanpa memandang gender.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Ferry Hidayat

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: