Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pengiriman Hewan Peliharaan Via Kereta Api Tumbuh 22% di Semester I 2025

Pengiriman Hewan Peliharaan Via Kereta Api Tumbuh 22% di Semester I 2025 Kredit Foto: Istimewa
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Kereta Api Logistik (KAI Logistik) mencatat pertumbuhan signifikan dalam layanan pengiriman hewan peliharaan berbasis kereta api sepanjang periode dari Semester I 2025. Hal ini seiring dengan makin optimalnya layanan dari Kalog Express.

Manager of Marketing and Sales Courier Kereta Api Logistik Logistik, Ayi Suryandi mengatakan bahwa pertumbuhan ini menunjukkan bahwa moda kereta api semakin dipercaya sebagai solusi pengiriman hewan peliharaan yang aman, efisien, dan memperhatikan kesejahteraan hewan (animal welfare).

Baca Juga: Access by KAI Dominasi Penjualan Tiket Kereta Api di Semester I 2025

“Seiring meningkatnya mobilitas masyarakat serta kebutuhan untuk tetap terhubung dengan hewan peliharaan, KAI Logistik mencatatkan peningkatan signifikan pada segmen ini,” ujar Ayi Suryandi, dilansir Rabu (16/7).

74.637 ekor hewan tercatat telah dikirim melalui layanan Kalog Express. Angka tersebut naik sekitar 22% dibandingkan periode yang sama pada tahun 2024. Tren tersebut mencerminkan permintaan yang tumbuh konsisten, seiring dengan meningkatnya kepercayaan publik terhadap layanan logistik berbasis rel.

Layanan pengiriman hewan peliharaan kereta api menjangkau tidak hanya pengguna individu, seperti masyarakat yang melakukan relokasi, mudik, atau liburan, tetapi juga pelaku usaha seperti usaha pet breeder, pet shop, serta pelaku jual beli hewan. Layanan ini mendukung distribusi hewan secara cepat, aman, dan terjangkau ke berbagai wilayah dari Indonesia.

Ayi menegaskan bahwa seluruh proses pengiriman dilakukan sesuai standar penanganan hewan hidup, dengan pengawasan dan pendampingan petugas sepanjang perjalanan. Jenis hewan yang dapat dikirim meliputi kucing, anjing, kelinci, burung hingga ikan hias.

Baca Juga: KAI Tak Main-main! Pelaku Pelecehan Kini Masuk Daftar Hitam dan Tak Bisa Naik Kereta

“Kami berkomitmen untuk terus berinovasi, memperkuat jaringan logistik, dan meningkatkan standar layanan demi memberikan pengalaman logistik yang aman, efisien, dan nyaman bagi pelanggan,” tutur Ayi.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Aldi Ginastiar

Advertisement

Bagikan Artikel: