Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Tak Perlu Antre Lagi, KAI Wisata Hadirkan Porter Digital via Aplikasi Access by KAI

Tak Perlu Antre Lagi, KAI Wisata Hadirkan Porter Digital via Aplikasi Access by KAI Kredit Foto: Istimewa
Warta Ekonomi, Jakarta -

KAI Wisata menghadirkan terobosan baru dengan meluncurkan layanan e-Porter terintegrasi dalam aplikasi Access by KAI pada (15/7), memungkinkan penumpang memesan jasa angkut barang secara digital di 14 stasiun utama dengan tarif flat Rp38.000. Layanan ini dirancang khusus untuk memudahkan traveler dengan barang bawaan banyak, lansia, ibu hamil, dan penyandang disabilitas, sekaligus mendukung transformasi digital perkeretaapian Indonesia. Dengan fitur pemesanan instan dan terjadwal melalui smartphone, penumpang kini bisa menikmati layanan porter profesional tanpa perlu antre atau negosiasi harga di stasiun, menciptakan pengalaman perjalanan kereta api yang lebih praktis, efisien, dan manusiawi.

Melalui integrasi ini, penumpang kini dapat melakukan pemesanan layanan porter digital secara instan langsung dari aplikasi Access by KAI, maupun melakukan pemesanan terjadwal melalui aplikasi e-Porter. Kedua kanal ini dirancang agar semakin memudahkan penumpang dalam mengakses layanan porter kapan pun dibutuhkan.

Saat ini, layanan e-Porter telah tersedia di 14 stasiun besar yang tersebar di kota-kota utama di Indonesia, yakni:

1.Stasiun Gambir (Jakarta)

2.Stasiun Pasar Senen (Jakarta)

3.Stasiun Jatinegara (Jakarta)

4.Stasiun Bekasi (Jakarta)

5.Stasiun Bandung

6.Stasiun Cirebon

7.Stasiun Purwokerto

8.Stasiun Semarang Tawang

9.Stasiun Solo Balapan

10.Stasiun Yogyakarta

11.Stasiun Madiun

12.Stasiun Surabaya Gubeng

13.Stasiun Surabaya Pasar Turi

14.Stasiun Malang

Baca Juga: KAI Commuter Siap Tambah Armada Baru Hadapi Ledakan Penumpang

Dengan tarif flat Rp38.000, penumpang dapat menikmati layanan porter profesional yang membantu membawa barang bawaan secara efisien dan nyaman. Harga ini bersifat tetap dan transparan, tanpa biaya tambahan tersembunyi. Direktur Operasi KAI Wisata, Eko Januardi, menyampaikan bahwa kehadiran e-Porter sebagai bagian dari integrasi dengan Access by KAI merupakan langkah nyata KAI Wisata dalam menjawab kebutuhan masyarakat yang semakin dinamis dan serba digital. “Integrasi e-Porter dengan Access by KAI adalah bentuk komitmen kami dalam menciptakan ekosistem pelayanan transportasi berbasis digital yang nyaman, aman, dan dapat diakses semua kalangan, dengan porter digital, kami tidak hanya membantu penumpang, tetapi juga mendukung efisiensi operasional dan keberlanjutan layanan kereta api masa kini,” ujar Eko Januardi.

Layanan e-Porter sangat direkomendasikan bagi penumpang dengan barang bawaan yang banyak, lansia, ibu hamil, penumpang difabel, maupun wisatawan yang ingin menikmati perjalanan dengan lebih tenang dan praktis. Selain memberikan pengalaman layanan yang profesional dan terjadwal, e-Porter juga mendorong proses pelayanan yang lebih tertib, teratur, dan berkelanjutan, sejalan dengan semangat digitalisasi pelayanan publik. Penumpang dapat mengakses layanan ini dengan dua cara:

•Melalui aplikasi Access by KAI pada menu e-Porter untuk pemesanan instan

•Melalui aplikasi e-Porter untuk pemesanan instan dan terjadwal

Seluruh proses dilakukan secara digital, sehingga mempercepat dan menyederhanakan pengalaman pemesanan jasa porter tanpa perlu antri atau negosiasi langsung di stasiun. Hadirnya layanan e-Porter merupakan bagian dari visi besar KAI Wisata dan KAI Group dalam menghadirkan transportasi publik yang tidak hanya aman dan tepat waktu, tetapi juga humanis dan inklusif. Digitalisasi layanan porter ini diharapkan dapat menjadi standar baru dalam memberikan kenyamanan ekstra kepada setiap pelanggan kereta api di Indonesia. “KAI Wisata mengajak seluruh penumpang kereta api untuk mulai beralih menggunakan layanan porter digital melalui e-Porter, demi pengalaman perjalanan yang lebih mudah, tertata, dan mendukung keberlanjutan layanan publik yang ramah teknologi” tutup Eko.

Baca Juga: Access by KAI Dominasi Penjualan Tiket Kereta Api di Semester I 2025

Masyarakat bisa mendapatkan informasi terbaru tentang KAI Wisata pada Website PT Kereta Api Pariwisata, yaitu : https://kaiwisata.id/ atau di sosial media KAI Wisata IG, FB: @kawisata, & Tiktok, Youtube, Twitter: @kaiwisata, dan untuk informasi lebih lanjut dapat melalui Kontak Chat Bisnis: +62 811-1220-7227 & email: [email protected].

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Amry Nur Hidayat

Advertisement

Bagikan Artikel: