Kredit Foto: Istimewa
BYD berhasil menjadi pabrikan otomotif paling kaya dari China di Semester I 2025 dengan meraih laba bersih tertinggi, yakni mencapai 9,155 miliar yuan (1,28 miliar dolar AS).
Mengutip laporan CarnewsChina, menyusul di posisi kedua Geely, dengan laba bersih kuartal tunggal sebesar 5,672 miliar yuan (791 juta dolar AS). Margin laba kotornya mencapai 15,78%, hampir setara dengan Tesla. Sementara untuk pengeluara riset and development (penelitian dan pengembangan) pada Semester I mencapai 3,328 miliar yuan (464 juta dolar AS).
SAIC Group berada di posisi ketiga, mencapai laba bersih pada kuartal pertama sebesar 3,023 miliar yuan (422 juta dolar AS). Margin laba kotor SAIC Group adalah 8,13%. Total pengeluaran R&D-nya juga melampaui laba bersihnya, mencapai 3,881 miliar yuan (541 juta dolar AS).
Berikut ringkasan profitabilitas dan pengeluaran R&D produsen mobil penumpang terkemuka Tiongkok (diurutkan berdasarkan laba bersih):
| Rank | Brand | Gross profit margin | Net profit / R&D expenditure (billion yuan) |
|---|---|---|---|
| 01 | BYD | 20.7% | Net Profit 9.155 / R&D Expenditure 14.223 |
| 02 | Geely | 15.78% | Net Profit 5.672 / R&D Expenditure 3.328 |
| 03 | SAIC | 8.13% | Net Profit 3.023 / R&D Expenditure 3.881 |
| 04 | GWM | 17.84% | Net Profit 1.751 / R&D Expenditure 1.906 |
| 05 | Changan | 13.86% | Net Profit 1.353 / R&D Expenditure 1.501 |
| 06 | BAIC | 9.9% | Net Profit 0.929 / R&D Expenditure 0.082 |
| 07 | Seres | 27.62% | Net Profit 0.748 / R&D Expenditure 1.051 |
| 08 | Li Auto | 20.51% | Net Profit 0.647 / R&D Expenditure 2.51 |
| 09 | Leapmotor | 14.9% | Net Profit -0.13 / R&D Expenditure 0.8 |
| 10 | Xpeng | 15.56% | Net Profit -0.66 / R&D Expenditure 1.98 |
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Editor: Ferry Hidayat
Tag Terkait:
Advertisement