Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Strategi Omnichannel Blibli: Integrasi Digital dan Fisik untuk Kepuasan Pelanggan

Strategi Omnichannel Blibli: Integrasi Digital dan Fisik untuk Kepuasan Pelanggan Kredit Foto: Istimewa
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Global Digital Niaga Tbk (Blibli), perintis ekosistem perdagangan omnichannel dan gaya hidup terdepan di Indonesia yang berfokus pada pelayanan konsumen ritel serta institusi berbasis digital, menegaskan kembali dedikasinya dalam menyajikan pengalaman berbelanja yang andal, bernilai tinggi, dan penuh keikhlasan baik melalui platform online maupun jaringan gerai elektronik fisiknya.

Keyakinan pelanggan dianggap sebagai buah dari kumpulan interaksi menguntungkan yang terjadi secara terus-menerus, tidak hanya berasal dari satu kesempatan tertentu, tetapi dari kerja nyata yang diupayakan setiap hari di lapangan.

Sebagai bagian dari komitmen Blibli dalam menyediakan layanan omnichannel yang terpadu dan terpercaya, Blibli terus memperkuat standar layanan ritel di setiap titik interaksi dengan pelanggan, mulai dari pemesanan produk, konsultasi produk, proses transaksi, hingga layanan purna jual. Seluruh proses dirancang untuk memberikan rasa nyaman, aman, dan transparan, dengan menjunjung tinggi integritas dalam setiap tindakan operasional bisnis.

Keberadaan toko fisik elektronik konsumen menjadi bagian integral dari strategi omnichannel Blibli dalam memberikan pelayanan yang terpadu dan relevan dengan kebutuhan pelanggan yang terus berkembang. Selain memperkuat interaksi secara langsung, kehadiran toko fisik elektronik konsumen turut berperan penting dalam membentuk pengalaman belanja yang menyeluruh, menghubungkan kenyamanan platform daring dengan keandalan layanan luring.

Hingga akhir Juni 2025, Blibli telah mengoperasikan 223 toko fisik elektronik konsumen, yang terdiri dari 122 toko merek-tunggal dan 101 toko multi-merek. Ekspansi ini diperkuat dengan kehadiran berbagai mitra global, termasuk pembukaan toko-toko baru untuk merek hello (Apple), Samsung, dan Huawei. Dengan jaringan toko fisik elektronik konsumen yang terus berkembang dan pendekatan layanan yang konsisten, Blibli menegaskan perannya sebagai ekosistem perdagangan omnichannel strategis dalam menghadirkan pengalaman belanja modern yang relevan dan dekat dengan pelanggan.

“Menempatkan pelanggan di pusat keputusan bukan sekadar prinsip operasional kami, ini adalah praktik nyata yang membentuk cara kerja tim kami setiap hari", jelas Alvin Harirahardjo, Director of Retail Operations PT Global Teknologi Niaga (GTNi), entitas anak Blibli yang menaungi toko-toko fisik elektronik konsumen.

Baca Juga: Hadirkan Promo Liburan, Blibli Payday 25-27 Juni 2025 Beri Cashback hingga Rp700 Ribu

Alvin menambahkan bahwa loyalitas pelanggan tidak terbentuk dalam semalam, melainkan melalui keseriusan dalam mendengarkan, bertindak, dan terus berkembang. “Kami selalu terus meningkatkan pemahaman kami terhadap kebutuhan pelanggan. Tantangan di lapangan kami hadapi sebagai peluang untuk menciptakan solusi yang relevan dan berorientasi pada kepentingan pelanggan,” lanjutnya. 

Sejalan dengan hal tersebut, peningkatan terhadap kualitas produk, kecepatan layanan, serta ketepatan dan empati dalam merespons setiap masukan menjadi fokus berkelanjutan. Blibli juga konsisten mengembangkan sistem dan kapabilitas tim, guna memastikan setiap titik layanan di toko fisik elektronik konsumen memberikan pengalaman yang lancar dan memuaskan. 

Pelanggan Adalah Prioritas: Dari Penggantian Adaptor hingga Tukar Tambah

Pengalaman pelanggan di berbagai toko fisik elektronik konsumen Blibli menunjukkan bahwa standar layanan diterapkan secara nyata di lapangan. Blibli percaya bahwa setiap interaksi dengan pelanggan, merupakan momen penting untuk membangun koneksi yang lebih kuat. Di Blibli Store Bekasi Cyber Park contohnya, seorang pelanggan menyampaikan kepuasannya setelah dibantu oleh staf toko untuk proses klaim garansi perlindungan untuk adaptor charger smartphonenya yang rusak. 

Sementara itu di Blibli Store Emporium Pluit, pelanggan menyampaikan apresiasinya terhadap staf toko yang membantu proses program trade-in produk di toko hingga larut malam karena kendala back up data. Cerita serupa juga dialami oleh pelanggan Blibli Store Bintaro Plaza, Blibli Store The Park Sawangan, Blibli Store Dago Bandung yang menilai seluruh staf toko  ramah, informatif, dan proaktif dalam membantu dari awal hingga akhir. 

Rangkaian testimoni positif di berbagai lokasi Blibli Store membuktikan komitmen Blibli untuk selalu memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan dimana kualitas layanan Blibli Store tidak bergantung pada satu individu atau cabang, tetapi merupakan refleksi dari standar layanan yang diterapkan secara menyeluruh.   

Baca Juga: Tertarik Coba Outfit Blockcore? Ini 4 Brand Terbaik yang Ada di Blibli

Dengan semangat keterbukaan dan akuntabilitas, Blibli akan terus berupaya memperkuat komitmennya untuk bertumbuh bersama pelanggan, sekaligus menjaga standar layanan yang relevan dengan kebutuhan mereka, secara langsung, tanpa basa-basi.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Amry Nur Hidayat

Advertisement

Bagikan Artikel: