Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Local Champion Indonesia dan PLN Kompak Tingkatkan Akses Pasar Ekspor dan Strategi Pengiriman Produk UMKM

Local Champion Indonesia dan PLN Kompak Tingkatkan Akses Pasar Ekspor dan Strategi Pengiriman Produk UMKM Kredit Foto: Local Champion Indonesia
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) bersama Local Champion Indonesia (LCI) memperkuat kapasitas UMKM binaan agar mampu bersaing di pasar global. Pada Selasa, 16 September 2025 pukul 14.00 WIB, PLN bersama LCI menggelar Webinar UMKM Sesi ke-11 dengan tema “Akses Pasar Ekspor, Mengurus Pengiriman, dan Display Produk”.

PLN bersama LCI secara konsisten menghadirkan rangkaian pelatihan tematik yang membahas aspek fundamental ekspor. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk komitmen untuk menjawab tantangan UMKM yang kerap menghadapi kendala dalam mengakses pasar ekspor, memahami prosedur pengiriman, serta menampilkan produk sesuai standar internasional.

Founder Local Champion Indonesia, Dhika Yudistira, menegaskan bahwa kolaborasi antara PLN dan LCI bertujuan mencetak UMKM tangguh yang siap menembus pasar ekspor.

Baca Juga: Perkuat Ekosistem Wirausaha, Pertamina Dukung Ekspor Perdana UMKM Kebumen ke AS: 6 Kontainer Keranjang Serat Alam Tembus Pasar New York

“Melalui sesi ini, kami ingin membuka wawasan UMKM binaan PLN tentang pentingnya strategi dalam mengurus pengiriman serta menampilkan produk yang profesional. Jika UMKM mampu mengelola aspek ini dengan baik, peluang untuk menembus pasar ekspor akan semakin terbuka luas,” tegas dalam keterangannya, Jakarta, Rabu (17/9/2025). 

Sementara itu, Irham Amir, Instruktur sekaligus Co-Founder Indonesia Berdaya Saing (IBS) yang menjadi narasumber utama, menekankan pentingnya kesiapan UMKM tidak hanya pada produk, tetapi juga strategi teknis pengiriman dan tampilan produk yang sesuai dengan kebutuhan buyer global.

Baca Juga: Komitmen Kuatkan UMKM dan Pasar Modal, BNI dan BNI Sekuritas Raih Dua Penghargaan Internasional Euromoney

“UMKM harus memahami bahwa akses pasar ekspor bukan hanya tentang menjual produk ke luar negeri, tetapi juga memastikan pengiriman yang efisien dan tampilan produk yang sesuai standar global. Ketepatan pengiriman dan kualitas display produk akan sangat menentukan kepercayaan buyer internasional,” ujar Irham.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Cita Auliana
Editor: Djati Waluyo

Advertisement

Bagikan Artikel: