Kredit Foto: (Istimewa)
PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI memperkuat kontribusinya terhadap ekonomi lokal melalui inovasi program Boarding Pass Through Value (BPTV).
Melalui program ini, setiap tiket perjalanan kereta api tidak hanya berfungsi sebagai bukti perjalanan, tetapi juga menjadi alat untuk memperoleh potongan harga di berbagai mitra usaha di seluruh Indonesia.
Diketahui bahwa BPTV merupakan kolaborasi antara KAI dengan hotel, restoran, pusat perbelanjaan, tempat wisata, hingga layanan kesehatan.
Dari kerja sama tersebut, pelanggan dapat menikmati diskon antara 10% hingga 50% dengan hanya menunjukkan boarding pass fisik atau e-boarding pass melalui aplikasi Access by KAI.
Baca Juga: Volume Logistik KAI Naik 13%, Dorong Pemerataan Ekonomi UMKM
Vice President Public Relations KAI, Anne Purba, menyatakan bahwa inovasi ini menjadi bentuk apresiasi perusahaan kepada pelanggan sekaligus langkah nyata mendorong perputaran ekonomi di sekitar jalur layanan kereta api.
“KAI ingin agar setiap perjalanan membawa pengalaman yang berkelanjutan. Boarding pass yang biasanya hanya menjadi kenangan, kini bisa memberikan manfaat bagi pelanggan sekaligus mendukung geliat usaha lokal,” ujar Anne, Selasa (7/10/2025).
Adapun program ini dirancang untuk memperluas manfaat transportasi publik terhadap sektor ritel dan pariwisata di berbagai daerah.
Dengan konsep nilai tambah, pelanggan yang telah melakukan perjalanan dapat menjadi bagian dari rantai ekonomi daerah melalui konsumsi di mitra KAI.
Baca Juga: Tekan Emisi Karbon dan Perubahan Iklim, KAI Logistik Adopsi ISO 14083
Selain itu, proses pemanfaatan program ini juga terbilang mudah. Pelanggan cukup menunjukkan boarding pass atau e-boarding pass yang masih berlaku dan sesuai identitas diri kepada petugas di merchant yang bekerja sama. Setelah itu, pelanggan bisa langsung memperoleh promo atau potongan harga sesuai ketentuan.
KAI juga menyediakan daftar lengkap mitra dan detail promosi yang dapat diakses melalui situs resmi www.kai.id atau menu promo di aplikasi Access by KAI.
“KAI berharap BPTV dapat menjadi nilai tambah yang membuat pelanggan semakin yakin dan setia memilih kereta api sebagai moda transportasi utama mereka,” tutup Anne.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Azka Elfriza
Editor: Annisa Nurfitri
Tag Terkait:
Advertisement