Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Siap Tembus Pasar Global, 45 UMKM Binaan Pertamina Hadir di Trade Expo Indonesia 2025

Siap Tembus Pasar Global, 45 UMKM Binaan Pertamina Hadir di Trade Expo Indonesia 2025 Kredit Foto: Istimewa
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Pertamina (Persero) menghadirkan 45 UMKM binaan unggulan dalam ajang pameran dagang terbesar di Indonesia, Trade Expo Indonesia (TEI) 2025. Melalui partisipasi ini, Pertamina menegaskan komitmennya dalam memperkuat daya saing produk lokal agar mampu menembus pasar ekspor dan berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi nasional.

Pameran berskala internasional tersebut digelar pada 15–19 Oktober 2025 di ICE BSD Hall 7, Tangerang – Banten, dengan mengusung tema “Discover Indonesia’s Excellence: Trade Beyond Boundaries.” Ajang ini menjadi wadah strategis bagi pelaku usaha nasional untuk memperluas jejaring dan memperkenalkan potensi produk unggulan Indonesia ke pasar global.

Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero), Fadjar Djoko Santoso, menyatakan bahwa keikutsertaan UMKM binaan Pertamina di TEI 2025 merupakan bentuk nyata sinergi antara perusahaan, pemerintah, dan masyarakat dalam memperkuat daya saing bangsa melalui pemberdayaan sektor usaha mikro, kecil, dan menengah.

Baca Juga: Pertamina Bawa 45 UMKM Unggulan ke TEI 2025, Catat Transaksi Ekspor Puluhan Miliar

“Pertamina tidak hanya hadir sebagai perusahaan energi nasional, tetapi juga sebagai motor penggerak ekonomi rakyat. Melalui program TJSL, kami terus mendukung UMKM naik kelas dan berdaya saing global. Kami percaya, keikutsertaan 45 UMKM binaan ini bukan hanya tentang memamerkan produk, tetapi juga memperkenalkan potensi terbaik bangsa kepada dunia,” ujar Fadjar Djoko Santoso, VP Corporate Communication PT Pertamina (Persero).

Sesuai dengan temanya, dalam pameran kali ini, Pertamina akan mengantarkan produk UMKM binaan unggulan untuk menembus pasar global, dengan sektor produk Craft (kerajinan, dekorasi, souvenir), Fashion ( wastra, batik, tenun, dan modest wear), Food & Beverage (makanan olahan khas daerah, komoditi olahan, dll). Partisipasi ini menjadi bukti nyata komitmen Pertamina dalam mendorong UMKM naik kelas dan memperkuat daya saing ekonomi nasional di kancah internasional.

Fadjar menjelaskan, UMKM telah melewati proses kurasi sejak April 2025. Kurasi ini berjalan melalui proses seleksi berlapis dari berbagai aspek, seperti kualitas produk, kapasitas produksi, konsistensi, legalitas usaha, kemampuan ekspor, hingga kesiapan branding dan digital marketing.

"Dengan seleksi yang komprehensif, Pertamina memastikan bahwa UMKM binaan Pertamina yang tampil di TEI adalah pelaku usaha yang telah siap bersaing di pasar global, baik dari  produk maupun syarat legalitas dan sertifikasi  yang diwajibkan untuk menembus pasar luar negeri," jelas Fadjar. 

Selain kurasi, Pertamina telah memberikan dukungan dan pendampingan secara intensif melalui coaching clinic mencakup pelatihan pengemasan merk (branding), pengemasan produk (packaging), dan aspek penceritaan produk (storytelling). Pelatihan berlangsung pada program UMK Academy, program pembinaan Pertamina bagi UMKM. 

Selain itu, pelaku UMKM  dibekali pelatihan ekspor yang diselenggarakan Pertamina dengan Pusat Pelatihan dan Pengembangan Ekspor Jasa Perdagangan (PPEJP) Kementerian Perdagangan, pada Maret dan September 2025.  Pembekalan tersebut menjadi bekal utama bagi UMKM saat melakukan pertemuan dagang  dengan calon mitra, baik itu distributor, supplier, pembeli, serta investor. 

Melalui berbagai pelatihan tersebut, UMKM telah dibekali pengetahuan ekspor mendasar mulai dari regulasi perdagangan internasional, standar kualitas produk global, penghitungan harga ekspor,  serta strategi menembus pasar luar negeri.

Baca Juga: Lewat Enduro Entrepreneurship, Pertamina Lubricants Perkuat Dukungan bagi Sahabat Lapas dan Difabel Menuju Kemandirian

Fadjar mengungkapkan, melalui strategi ini, Pertamina tidak hanya memperkuat posisi UMKM binaan sebagai eksportir potensial, tetapi juga membuka peluang penjualan retail dan promosi merek bagi pasar domestik dan global. "Pendekatan dua arah — ekspor dan retail — menjadi bagian penting dalam memperluas jangkauan bisnis UMKM agar berdaya saing tinggi dan berkelanjutan," ujar Fadjar. 

Langkah Pertamina ini sejalan dengan semangat Asta Cita Pemerintahan Prabowo–Gibran poin ke-3, yaitu “meningkatkan lapangan kerja yang berkualitas, mendorong kewirausahaan, mengembangkan industri kreatif, dan melanjutkan pengembangan infrastruktur.”

Pertamina sebagai perusahaan pemimpin di bidang transisi energi, berkomitmen dalam mendukung target Net Zero Emission 2060 dengan terus mendorong program-program yang berdampak langsung pada capaian Sustainable Development Goals (SDGs). Seluruh upaya tersebut sejalan dengan penerapan Environmental, Social & Governance (ESG) di seluruh lini bisnis dan operasi Pertamina.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Amry Nur Hidayat

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: