Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

BCA Buka Peluang Lebih Banyak Bagi UMKM Binaan Tembus Pasar Ekspor

BCA Buka Peluang Lebih Banyak Bagi UMKM Binaan Tembus Pasar Ekspor Kredit Foto: Wafiyyah Amalyris K
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Bank Central Asia Tbk (BCA) membuka peluang lebih banyak bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) binaan untuk menembus pasar ekspor melalui ajang Trade Expo Indonesia (TEI) 2025.

Dalam ajang yang berlangsung pada 15–19 Oktober 2025 di Indonesia Convention Exhibition (ICE), Tangerang ini, BCA menghadirkan sekitar 20 UMKM binaan yang merupakan peserta program UMKM Bakti BCA Go Export.

Baca Juga: Dukung Stabilitas Harga Saham di BEI, BCA Lakukan Ini

Partisipasi BCA pada TEI 2025 merupakan salah satu tahap lanjutan dari program UMKM Bakti BCA Go Export yang berfokus pada penguatan kapasitas usaha melalui kegiatan inkubasi serta pendampingan akses pasar internasional.

Tahun ini menjadi partisipasi untuk ketiga kalinya, sejak pertama kali BCA dan UMKM binaan mengikuti acara TEI pada tahun 2023.

Seluruh UMKM yang ikut serta dalam ajang ini telah melalui proses kurasi dan pembinaan intensif sejak tahun 2023 hingga tahun 2025. Beberapa produk yang ditampilkan antara lain bumbu dan rempah-rempah, perabotan dapur, kerajinan kayu, sepatu, produk coklat, hingga produk kopi.

“Melalui program Bakti BCA, perseroan konsisten menghadirkan program yang berkelanjutan untuk mendukung UMKM agar semakin berdaya saing. Kami percaya UMKM memiliki potensi besar untuk membawa produk unggulan Indonesia ke panggung global. Melalui TEI 2025, kami membuka lebih banyak peluang bagi UMKM binaan untuk memperluas jejaring bisnis dan menembus pasar ekspor,” ujar Wakil Presiden Direktur BCA John Kosasih, dikutip dari siaran pers BCA, Selasa (21/10).

TEI merupakan ajang perdagangan internasional yang diprakarsai oleh Kementerian Perdagangan Republik Indonesia sejak 1985. Tahun ini, TEI mengusung tema “Discover Indonesia’s Excellence: Trade Beyond Boundaries” dengan menampilkan tiga kategori utama produk, yaitu Food, Beverage, and Agricultural Products; Manufactured Products; serta Services & Lifestyle. Rangkaian acara juga mencakup program B2B Business Matching, Trade Missions, Business Forum, dan Business Counseling.

“BCA percaya bahwa peran UMKM sangat penting dalam penguatan ekonomi nasional. Berdasarkan data terakhir dari pemerintah, UMKM berkontribusi sekitar 60% terhadap Produk Domestik Bruto, serta bisa menyerap hingga 117 juta tenaga kerja. Kehadiran UMKM Bakti BCA di TEI 2025 diharapkan membuka jalan bagi perluasan akses pasar, meningkatkan pendapatan mereka, dan memperkuat kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia,” tambah John.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Ulya Hajar Dzakiah Yahya
Editor: Ulya Hajar Dzakiah Yahya

Advertisement

Bagikan Artikel: