Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Inklusi Finansial Didorong Lewat Program BLU di Alor

Inklusi Finansial Didorong Lewat Program BLU di Alor Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Bank Digital BCA (BCA Digital) semakin memperkuat upaya inklusi keuangan di wilayah 3T melalui program literasi finansial untuk anak-anak sekolah dasar di Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Adapun program ini menjadi bagian dari Corporate Sustainability Initiatives (CSI) bertajuk #bluBuatBaik yang menanamkan keterampilan dasar pengelolaan keuangan sejak dini.

Melalui kolaborasi dengan One Fine Sky dan Yayasan Angkasa Biru Indonesia (OFS Foundation), BCA Digital menyalurkan 650 set seragam sekolah hasil konversi dari donasi simbolik karyawan bluForce, shareholders, dan stakeholders.

Adapun kegiatan ini menjangkau tujuh sekolah dasar di Alor, termasuk SDN Makali, SD GMIT Kolana 1, dan SD INPRES Umapura.

Nariswari Yudianti, Head of Corporate Communication BCA Digital, menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan komitmen perusahaan dalam membangun literasi finansial sejak dini

“Kami ingin memosisikan BCA Digital bukan hanya sebagai penyedia layanan perbankan digital, tetapi juga sebagai mitra yang tumbuh bersama masyarakat. Melalui inisiatif One Fine Sky x blu, kami ingin menunjukkan bahwa langkah kecil dapat membawa dampak besar ketika dilakukan dengan konsistensi dan kepedulian,” ujarnya, Selasa (11/11/2025).

Baca Juga: Bos BCA Buka Suara Soal IPO blu by BCA, Begini Katanya

Inisiatif ini, kata Nariswari, juga dirancang untuk menumbuhkan rasa kebanggaan di kalangan karyawan bluForce.

“Kami berharap bluForce dapat merasakan kebanggaan karena seragam yang mereka kenakan sehari-hari juga merupakan simbol kontribusi nyata bagi masa depan pendidikan dan literasi finansial anak-anak Indonesia,” lanjutnya.

Di sisi lain, Ketua Yayasan Angkasa Biru Indonesia, Jenfilia Suwandrei Arifin, menilai kolaborasi ini sebagai pendekatan sosial yang komprehensif.

“Kolaborasi ini sangat unik karena mampu menghubungkan brand purpose dengan dampak sosial yang konkret. Tidak hanya membantu secara material, tetapi juga menanamkan nilai-nilai penting tentang semangat belajar dan pengelolaan keuangan sejak dini,” katanya.

Baca Juga: Kemenhub Dorong Transformasi BLU Transportasi Udara Jadi Entitas Produktif

Sekedar informasi, pemilihan Alor dilakukan karena wilayah tersebut menghadapi tantangan nyata dalam akses pendidikan dan layanan keuangan formal. Dalam kegiatan tersebut, perwakilan BCA Digital juga memberikan edukasi interaktif mengenai pentingnya menabung, membedakan kebutuhan dan keinginan, serta mengelola uang secara bijak.

Adapun program #bluBuatBaik menjadi bagian dari strategi keberlanjutan BCA Digital yang berlandaskan tiga pilar yakni People untuk memperkuat literasi keuangan, Planet, dan Prosperity yang berfokus pada peningkatan kesejahteraan ekonomi melalui edukasi finansial.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Azka Elfriza
Editor: Annisa Nurfitri

Advertisement

Bagikan Artikel: