Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Lewat Program One Fine Sky, BCA Digital & Blu Donasikan 650 Seragam dan Edukasi Keuangan untuk Siswa Alor

Lewat Program One Fine Sky, BCA Digital & Blu Donasikan 650 Seragam dan Edukasi Keuangan untuk Siswa Alor Kredit Foto: Istimewa
Warta Ekonomi, Nusa Tenggara Timur -

Kemampuan mengelola keuangan adalah keterampilan dasar yang penting bagi generasi muda di tengah kemajuan teknologi dan akses digital saat ini. Tantangannya adalah pemerataan literasi keuangan yang masih rendah di berbagai daerah, terutama di lokasi yang sulit mengakses edukasi dan layanan keuangan formal. Kondisi ini menuntut untuk memastikan ketahanan finansial masyarakat sejak dini.

Menanggapi tantangan tersebut, PT Bank Digital BCA (BCA Digital) dan blu pada tahun 2025 meluncurkan program Corporate Sustainability Initiatives (CSI) di Alor, Nusa Tenggara Timur (NTT). Program ini merupakan kolaborasi eksklusif dengan One Fine Sky x blu dan Yayasan Angkasa Biru Indonesia (OFS Foundation). Pendekatan ini secara strategis menggabungkan upaya employer branding internal perusahaan dengan dampak sosial yang jelas dan nyata di luar.

Sebanyak 650 T-shirt eksklusif dibagikan kepada karyawan (bluForce), shareholders, dan stakeholders terpilih pada Hari Ulang Tahun blu. Setiap T-shirt yang dibagikan secara langsung diubah menjadi donasi satu set seragam sekolah lengkap untuk siswa di daerah terpencil yang membutuhkan. Melalui sistem sederhana ini, karyawan bluForce tidak hanya menggunakan seragam baru dengan bangga, tetapi juga ikut berperan nyata dalam mendukung pendidikan anak-anak di Indonesia.

Baca Juga: BCA Dukung Pengembangan Wastra dengan Pewarna Alam

Nariswari Yudianti, Head of Corporate Communication BCA Digital, menyampaikan, “Kami ingin memosisikan BCA Digital bukan hanya sebagai penyedia layanan perbankan digital, tetapi juga sebagai mitra yang tumbuh bersama masyarakat. Melalui inisiatif One Fine Sky x blu, kami ingin menunjukkan bahwa langkah kecil dapat membawa dampak besar ketika dilakukan dengan konsistensi dan kepedulian. Inisiatif ini tidak hanya tentang donasi, tetapi juga tentang membangun budaya kebaikan di internal perusahaan. Kami berharap bluForce dapat merasakan kebanggaan karena seragam yang mereka kenakan sehari-hari juga merupakan simbol kontribusi nyata bagi masa depan pendidikan dan literasi finansial anak-anak Indonesia.”

Keberhasilan inisiatif ini tidak terlepas dari pesan internal perusahaan yang kuat, #bluBuatBaik merepresentasikan semangat untuk berbuat baik sekaligus menumbuhkan rasa bangga dari dalam. Narasi ini menjadikan T-shirt bluForce bukan sekadar atribut kerja, tetapi simbol sense of purpose dan kebanggaan kolektif yang merefleksikan nilai kemanusiaan perusahaan.

Inisiatif #bluBuatBaik tentunya menjadi bagian dari Corporate Sustainability Initiatives (CSI) BCA Digital yang berlandaskan pada tiga pilar keberlanjutan: People, Planet, dan Prosperity. Melalui pilar People, BCA Digital berkomitmen untuk mendorong inklusi terhadap akses

keuangan yang merata bagi seluruh lapisan masyarakat. Pilar Planet diwujudkan lewat upaya pelestarian lingkungan dan penerapan praktik ekonomi sirkular, seperti penggunaan material daur ulang serta pengelolaan limbah yang bertanggung jawab.

Sementara itu, pilar Prosperity berfokus pada peningkatan kesejahteraan ekonomi melalui edukasi dan penguatan literasi finansial sejak dini. Ketiga pilar ini menjadi landasan bagi setiap langkah BCA Digital dalam menciptakan dampak berkelanjutan yang seimbang antara masyarakat, lingkungan, dan ekonomi.

Antusiasme karyawan pun terlihat jelas melalui berbagai unggahan dan testimoni positif yang mereka bagikan. Banyak di antara mereka mengungkapkan kebanggaannya, seperti, “Simpel, berkesan, dan bangga pakenya, karena satu baju ini menjadi donasi seragam sekolah di rural areas di Indonesia,” atau “Best work shirt so far selama aku kerja for almost 16 years!” Respons ini menjadi bukti nyata keberhasilan BCA Digital dalam menghubungkan semangat employer branding dengan nilai sosial yang bermakna.

Melalui inisiatif #bluBuatBaik BCA Digital dan blu menyalurkan 650 set seragam sekolah kepada siswa di tujuh sekolah dasar di Alor, Nusa Tenggara Timur (NTT), hasil konversi dari 650 T-shirt eksklusif bluForce, shareholder, dan stakeholder yang diproduksi bersama OneFineSky. Pemilihan Alor menjadi lokasi utama bukan tanpa alasan, wilayah ini merepresentasikan tantangan nyata terhadap pemerataan akses pendidikan dan inklusi finansial di wilayah Indonesia timur.

Baca Juga: BCA Gandeng Batavia Rilis Reksa Dana USD, Targetkan Diversifikasi Nasabah

Sebagai bagian dari kegiatan ini, tim BCA Digital yang terdiri dari perwakilan bluForce turut mengunjungi sekolah penerima manfaat dan mengadakan sesi literasi keuangan interaktif bertema kebiasaan baik dalam keseharian, termasuk didalamnya kebiasaan mengelola keuangan sedari kecil dengan bijak.

Melalui metode belajar yang ringan dan menyenangkan, siswa diajak memahami pentingnya menabung, membedakan kebutuhan dan keinginan, serta belajar mengelola uang sejak dini sebagai langkah awal membentuk kebiasaan finansial yang sehat.

Jenfilia Suwandrei Arifin, Ketua Yayasan Angkasa Biru Indonesia (OFS Foundation), mengapresiasi pendekatan holistik yang dilakukan BCA Digital, “Kolaborasi ini sangat unik karena mampu menghubungkan brand purpose dengan dampak sosial yang konkret. Tidak hanya membantu secara material, tetapi juga menanamkan nilai-nilai penting tentang semangat belajar dan pengelolaan keuangan sejak dini.”

Secara total, donasi ini menjangkau lebih dari 600 siswa dari tujuh sekolah, termasuk SDN Makali, SD GMIT Kolana 1, SD INPRES Umapura, SD GMIT Padangsul, SDN Lantapah, SD GMIT 41 Bunggeta, dan SD INPRES Beangonong. BCA Digital berharap langkah ini menjadi pilot project yang menginspirasi lebih banyak kolaborasi lintas sektor dalam mendukung inklusi pendidikan dan literasi finansial di Indonesia.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Amry Nur Hidayat

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: