Kredit Foto: Dok. Kemenpar
Deputi Bidang Pemasaran Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Ni Made Ayu Marthini, mengungkapkan India merupakan pasar emas baru bagi sektor pariwisata di Tanah Air.
Berdasarkan data, kunjungan wisatawan India ke Indonesia mengalami peningkatan sebesar 17 persen pada 2024 menjadi 710.688 orang.
Baca Juga: RI-Singapura Berkomitmen Pastikan Agenda Strategis Ditindaklanjuti
Merespons peluang pasar wisatawan dari India yang terus menunjukkan tren positif, Kemenpar menggelar business matching di New Delhi, India, pada Selasa (18/11/2025).
“Melihat peningkatan kunjungan wisatawan India setiap tahunnya, kami ingin terus menggarap potensi pasar ini. Melalui business matching, kami berharap semakin banyak wisatawan India yang mengenal keindahan dan keragaman destinasi Indonesia, tidak hanya Bali,” kata Ni Made Ayu, dikutip dari siaran pers Kemenpar, Rabu (19/11).
Business matching ini mempertemukan 23 seller Indonesia yang terdiri dari travel agent/tour operator, hotel dan resort, hingga restoran dengan sedikitnya 50 buyer dari India. Para buyers yang hadir mencakup travel agent, tour operator, MICE organizer, hingga stakeholder pariwisata lainnya.
Melalui business matching ini, Indonesia tidak hanya menawarkan destinasi, tapi juga pengalaman. Pasar India dikenal juga memiliki daya beli tinggi, terutama pada segmen luxury travel, honeymoon, dan family travel.
Dengan begitu, seller Indonesia bisa menawarkan paket wisata premium yang sesuai dengan preferensi wisatawan India.
“Pasar India sangat potensial. Mereka loyal, suka pengalaman autentik, dan memiliki minat tinggi pada destinasi pernikahan serta bulan madu. Business matching ini adalah momentum untuk memperluas jaringan sekaligus memperkuat posisi Indonesia sebagai destinasi utama di Asia,” kata Made.
Selain memperkuat citra Indonesia sebagai destinasi kelas dunia, kegiatan ini juga diharapkan dapat berkontribusi signifikan terhadap pencapaian target kunjungan wisatawan mancanegara 2025.
Dengan strategi business-to-business yang lebih intensif, Indonesia optimistis mampu memikat lebih banyak wisatawan India untuk berlibur, menikah, dan berbulan madu di destinasi Bali and Beyond.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Ulya Hajar Dzakiah Yahya
Editor: Ulya Hajar Dzakiah Yahya
Tag Terkait:
Advertisement