Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Lion Parcel Perkuat Armada dan Operasional Pengiriman Jelang Peak Season 12.12 dan Akhir Tahun

Lion Parcel Perkuat Armada dan Operasional Pengiriman Jelang Peak Season 12.12 dan Akhir Tahun Kredit Foto: Istimewa
Warta Ekonomi, Jakarta -

Momen 12.12 dan pergantian tahun menandai peak season pengiriman yang krusial bagi sektor logistik. Untuk mengantisipasi lonjakan volume barang yang tinggi, Lion Parcel, sebagai penyedia jasa logistik terkemuka, meningkatkan kesiapan operasionalnya. Tujuannya adalah memastikan layanan pengiriman tetap optimal, lancar, dan sesuai jadwal bagi semua pelanggan.

Sebagai langkah konkret menghadapi peningkatan signifikan tersebut, Lion Parcel telah mengambil sejumlah persiapan. Ini termasuk penambahan unit armada dan perekrutan tenaga kerja sementara (temporary manpower) di pusat-pusat operasional strategis. Kebijakan ini diterapkan untuk menjaga agar seluruh alur kerja, mulai dari sortir, distribusi, hingga tahap pengiriman akhir, dapat ditangani dengan efektif.

Selain itu, perusahaan juga menyiapkan optimalisasi alur kerja operasional melalui peningkatan koordinasi di level gudang dan pemantauan proses pengiriman secara berkala dengan lebih intensif. Didukung jaringan distribusi nasional dan sistem kerja yang terstandarisasi, Lion Parcel memastikan layanan tetap stabil sepanjang periode puncak pengiriman.

Baca Juga: Penerbangan Terjangkau di Asia untuk Liburan Akhir Tahun, Agoda: Rute Internasional dari Indonesia Termasuk yang Paling Murah

“Periode 12.12 dan akhir tahun berkontribusi pada lonjakan pengiriman yang cukup tinggi. Agar layanan pengiriman Lion Parcel tetap dapat berjalan dengan baik, biasanya kami melakukan forecasting dengan mempelajari tren historis tahun-tahun sebelumnya untuk menentukan strategi yang tepat seperti jumlah penambahan armada dan temporary manpower yang sesuai,” ujar Mohammad Fadli, Chief Operating Officer Lion Parcel.

Menjelang akhir tahun, tren pengiriman di Indonesia umumnya menunjukkan kenaikan yang dipicu oleh puncak kampanye belanja tanggal kembar 12.12 serta aktivitas pengiriman hadiah Natal dan Tahun Baru. Pada periode 12.12, peningkatan didorong oleh tingginya aktivitas UMKM dan online seller yang memanfaatkan kampanye akhir tahun untuk meningkatkan penjualan. Kenaikan permintaan juga biasanya terjadi menjelang pay day, ketika pelanggan berbelanja kebutuhan akhir tahun dan momen liburan.

Berdasarkan tren pengiriman Lion Parcel, komoditas yang banyak dikirim di momen akhir tahun selama tiga tahun terakhir didominasi oleh produk fesyen seperti pakaian, tas, dan aksesoris. Hal ini didorong oleh tingginya aktivitas UMKM dan online seller di bidang fesyen yang mendorong penjualan melalui berbagai promo dan diskon. Selain itu, Lion Parcel juga mencatat tingginya pengiriman komoditas spare part di momen akhir tahun. Kenaikan ini dipengaruhi oleh meningkatnya aktivitas persiapan liburan, di mana banyak pelanggan melakukan servis dan perawatan kendaraan sebelum melakukan perjalanan, sehingga kebutuhan penggantian berbagai komponen dan suku cadang ikut bertambah.

“Peningkatan pengiriman biasanya paling tinggi terjadi di wilayah Jabodetabek, disusul kota-kota besar lainnya seperti Surabaya, Bandung, Medan. Oleh karena itu, Lion Parcel.

Baca Juga: 119,5 Juta Warga Bergerak Jelang Nataru, Ekonomi Akhir Tahun Terangkat?

memfokuskan optimalisasi operasional di area-area tersebut untuk memastikan layanan tetap lancar selama periode peak season ini,” jelas Fadli.

Selain penguatan operasional, Lion Parcel juga melakukan optimalisasi dari sisi customer experience dengan memperkuat aspek people dan system. Dari sisi people, tim layanan pelanggan dipersiapkan untuk memberikan respon yang lebih cepat dan informatif. Sementara dari sisi system, Lion Parcel meningkatkan kapabilitas teknologi dan sistem pendukung agar pelanggan dapat memperoleh informasi dengan lebih transparan dan akurat. Upaya ini dilakukan untuk memastikan pengalaman pelanggan tetap terjaga selama periode puncak pengiriman.

Dengan berbagai langkah penguatan operasional hingga optimalisasi layanan pelanggan, Lion Parcel berkomitmen menjaga kelancaran pengiriman di momen peak season akhir tahun. Perusahaan berharap seluruh upaya ini dapat memastikan pengalaman kirim yang aman, tepat waktu, dan dapat diandalkan bagi pelanggan di seluruh Indonesia.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Amry Nur Hidayat

Advertisement

Bagikan Artikel: