Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Menkomdigi Meutya Hafid Raih Penghargaan OPSI KIPP 2025 Berkat Inovasi Layanan Publik Digital

Menkomdigi Meutya Hafid Raih Penghargaan OPSI KIPP 2025 Berkat Inovasi Layanan Publik Digital Kredit Foto: Istimewa
Warta Ekonomi, Jakarta -

Menteri Komunikasi dan Digital, Meutya Hafid, berhasil meraih penghargaan Outstanding Public Service Innovations (OPSI) KIPP Tahun 2025 yang diserahkan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB). Penghargaan ini diberikan atas komitmen beliau dalam mewujudkan layanan publik yang cepat, transparan, dan terintegrasi melalui pemanfaatan teknologi digital.

Penghargaan OPSI KIPP 2025 ini merupakan pengakuan atas kontribusi serta inovasi yang signifikan dalam memajukan transformasi layanan publik berbasis digital. Inovasi tersebut secara spesifik meliputi penguatan program Mal Pelayanan Publik (MPP), pengembangan kapabilitas talenta digital, dan penyediaan dukungan infrastruktur serta keamanan digital, yang kesemuanya sejalan dengan strategi GovTech nasional dan reformasi birokrasi.

"Penguatan Mal Pelayanan Publik terus menunjukkan kemajuan nyata dalam menghadirkan layanan pemerintah yang lebih ringkas, transparan, dan terintegrasi, sejalan dengan arah GovTech nasional dan reformasi pelayanan publik lintas kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah," ujar Meutya Hafid  saat menerima penghargaan OPSI KIPP 2025 di Kantor Kemenpan RB, Senin (15/12/2025).

Baca Juga: Kemkomdigi dan MyRepublic Sediakan Internet Gratis Satu Tahun untuk Enam Sekolah Korban Banjir di Sumatera Utara

Menurut Meutya, MPP memperlihatkan integrasi berbagai layanan strategis, termasuk layanan kesehatan, perizinan, dan administrasi kependudukan ke dalam satu ekosistem pelayanan yang semakin modern dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat.

Kementerian Komdigi juga mendorong penguatan Digitalent Mobile sebagai platform pembelajaran talenta digital berbasis gawai.

"Inisiatif ini memperkuat kesiapan SDM digital aparatur dan masyarakat, sebagai fondasi utama keberhasilan transformasi layanan publik, termasuk di Mal Pelayanan Publik," ujarnya.

Meutya Hafid menyampaikan apresiasi atas penghargaan OPSI KIPP 2025.

Baginya, penerima penghargaan baik dari kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah telah menghadirkan inovasi pelayanan publik berdampak nyata.

Baca Juga: Menkomdigi Meutya Hafid Dampingi Warga Terdampak Banjir di Deli Serdang, Pemulihan Jaringan Capai 97,8 Persen

Inovasi-inovasi tersebut dinilai menjadi contoh praktik baik dalam mendorong percepatan transformasi layanan publik berbasis digital di berbagai daerah.

"Melalui penghargaan ini juga, MPP memperlihatkan kuatnya kolaborasi pusat dan daerah dalam menyatukan berbagai layanan dalam satu ekosistem pelayanan, memperkuat prinsip no wrong door policy serta meningkatkan kepercayaan publik terhadap birokrasi yang semakin modern dan responsif," ungkap Menteri Meutya.

Sebagai bentuk komitmen berkelanjutan, Kementerian Komdigi terus mendukung pengembangan Mal Pelayanan Publik melalui penguatan infrastruktur digital, integrasi layanan pemerintah berbasis Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik, serta perlindungan data dan keamanan siber.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Amry Nur Hidayat

Advertisement

Bagikan Artikel: