Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Wamendag Ajak Masyarakat Gunakan Produk UMKM Lokal

Wamendag Ajak Masyarakat Gunakan Produk UMKM Lokal Kredit Foto: Biro Humas Kemendag
Warta Ekonomi, Jakarta -

Wakil Menteri Perdagangan Dyah Roro Esti Widya Putri mengajak masyarakat untuk menggunakan produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) lokal untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Ajkan tersebut disampaikan Wamendag dalam Semarak Puncak  Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 2025 sekaligus perayaan ulang tahun ke-10 Shopee Indonesia di Jakarta pada Jumat (12/12/2025).

Baca Juga: Pastikan Kebijakan Responsif, Kemen PPPA Perkuat Kolaborasi dengan Anak

"Melihat potensi besar Harbolnas, enam dari tujuh hari pelaksanaan Harbolnas didedikasikan khusus  untuk promosi produk lokal buatan UMKM. Tujuannya untuk memberikan eksposur yang lebih luas,  meningkatkan penjualan, dan memperkuat jenama lokal agar mampu bersaing di era digital. Jadi,  mari menormalisasi pembelian dan penggunaan produk lokal, terlebih buatan UMKM," ungkap Wamendag Roro, dikutip dari siaran pers Kemendag, Senin (15/12).

Wamendag Roro menambahkan, Kemendag juga aktif mengampanyekan Gerakan Kamis Pakai Lokal  (GASPOL) sebagai upaya mempromosikan produk UMKM Indonesia. 

Promosi produk lokal dilakukan secara langsung di kantor Kementerian Perdagangan dan secara daring melalui unggahan media sosial Kemendag serta media sosial pribadi Menteri Perdagangan Budi Santoso. 

Melalui GASPOL, kampanye tersebut diharapkan dapat membantu eksposur jenama lokal dan memperkuat produk dalam negeri. 

Lebih lanjut, Harbolnas 2025 diselenggarakan selama tujuh hari pada 10--16 Desember 2025 dengan enam hari dikhususkan untuk promosi produk lokal. Targetnya yaitu nilai transaksi sebesar Rp33–34 triliun atau tumbuh 10 persen dari capaian sebelumnya yang tercatat sebesar Rp31,2 triliun. 

Penjualan produk lokal ditargetkan mencapai Rp17 triliun atau meningkat 6 persen dibandingkan  capaian 2024 sebesar Rp16,1 triliun. Adapun target kepesertaan, Harbolnas 2025 melibatkan setidaknya 1.000 UMKM. 

Harbolnas 2025 telah diluncurkan pada Kamis (4/12) dan diharapkan dapat menjadi motor pendorong pertumbuhan ekonomi sekaligus penguatan ekosistem perdagangan digital nasional. 

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Ulya Hajar Dzakiah Yahya
Editor: Ulya Hajar Dzakiah Yahya

Advertisement

Bagikan Artikel: