Market Indices

Amerika Serikat: Dibalik Kebijakan Easy Money(1)

Rubrik Internasional

04 Mei 2013 10:00:00 WIB

WE.CO.ID Apa yang menjadi kesamaan dari China, Jepang, dan Korea Selatan akhir-akhir ini? Mereka tampaknya sama-sama memiliki keyakinan bahwa kedaulatan ekonomi mereka, dalam hal ini kemampuan untuk mengendalikan arus keluar masuknya dana (modal), sangat bergantung pada kebijakan yang diambil Federal Reserve (Bank Sentral AS).


Pada Desember 2012 lalu, Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe berkomentar secara kritis bahwa "Bank-bank sentral di seluruh dunia terus menerus mencetak uang .... dan Amerika Serikat adalah pelopornya. Jika terus berlangsung, yen pasti akan menguat”. Jepang berniat untuk melawan hal ini dan berupaya melemahkan nilai tukar Yen dengan segala cara.


Sementara itu, pada suatu kesempatan di Beijing pada bulan September 2012 silam, Gubernur Bank of Korea (Bank Sentral Korsel) Kim Choong-soo mengatakan bahwa, "Korea dan China perlu melakukan upaya bersama untuk meminimalkan efek negatif yang timbul dari kebijakan moneter negara-negara maju." Tentu saja sasaran utama komentar ini adalah Amerika Serikat.


Akar masalahnya adalah kebijakan moneter AS mungkin memang optimal untuk “menyelamatkan” ekonominya sendiri, namun belum tentu optimal bagi dunia. Ada konflik antara peran domestik dari mata uang dolar AS dan perannya sebagai “alat tukar/pembayaran internasional."


Hubungan AS-China


Hubungan antara AS dan China memiliki arti spesial. Dolar yang dikirim ke China untuk membeli barang-barang manufaktur murah, kembali lagi ke AS dalam bentuk pinjaman berbunga rendah dan kemudian didaur ulang masuk kembali ke sistem keuangan AS yang akhirnya menciptakan kredit/pinjaman yang lebih murah untuk pasar domestik AS. Dalam hal ini, tidak ada mekanisme penyesuai yang seharusnya bertindak untuk membalikkan surplus perdagangan China atau defisit perdagangan AS. Dengan kata lain, tidak terjadi depresiasi dolar yang dapat membuat barang-barang ekspor AS lebih kompetitif, ditambah dengan tidak adanya upaya pengetatan dari The Fed (setidaknya hingga saat ini), sehingga tidak mustahil akan terjadi lagi gelembung yang dipicu oleh suku bunga rendah untuk kemudian meledak kembali sebagai krisis.


China telah membangun sebuah gunung cadangan moneter sebesar US$3,3 triliun, yang 60%-nya adalah surat berharga pemerintah AS. Amerika Serikat sendiri telah mengakumulasikan utang internasional terbesar di dunia hingga US$15,9 triliun. Dari hubungan ini, China takut akan jatuhnya daya beli dari timbunan dolar mereka. AS menuduh China "memanipulasi" mata uangnya, sementara China balik menyalahkan pemborosan AS.


Namun, apapun kekhawatiran dunia, AS hingga saat ini masih mampu membayar tagihan mereka dalam mata uang yang mereka cetak sendiri. Meskipun utang pemerintah AS terus membesar dan berkembang, AS terus mampu menjual surat-surat utangnya pada rekor tingkat bunga yang rendah di saat krisis sekalipun. Dolar masih menyumbang 60% dari cadangan devisa global di berbagai negara di dunia. Sebesar 75% dari impor global negara-negara lain, selain Amerika Serikat, juga masih menggunakan mata uang dolar.


China meyakini arsitektur keuangan internasional saat ini yang didominasi AS gagal untuk memberikan keamanan yang memadai bagi kepentingan ekonomi global. Namun, sayangnya, belum ada alternatif lain yang tidak menimbulkan kerugian besar pada cadangan devisa yang ada saat ini.


Hal ini dapat dipelajari dari sejarah yang terjadi selama krisis Terusan Suez tahun 1956. Saat itu, pemerintahan AS yang dipimpin Eisenhower mengancam akan menciptakan krisis poundsterling untuk memaksa Inggris keluar dari Mesir. Langkah ini berani diambil karena keruntuhan nilai tukar poundsterling hanya berpengaruh kecil bagi ekonomi Amerika Serikat. Mengapa? Karena kepemilikan pemerintah AS akan sekuritas Inggris (sebagai cadangan devisa) hanyalah sebesar US$1 per penduduk AS. Bandingkan kondisinya dengan kepemilikan China atas sekuritas (surat berharga) AS yang kini telah mencapai lebih dari US$1,000 per penduduk China. Kejatuhan dolar berarti kejatuhan daya beli global dari timbunan devisa China. Jadi tidak ada satupun dari “pasangan” pernikahan moneter ini yang kemungkinan akan mengajukan “cerai” dalam waktu dekat.


(bersambung)

Foto: wikimedia.org

Penulis/Editor: Ihsan

Berita Terkini

Sabtu, 06/02/2016 19:59 WIB

Legislator: Pembangunan Desa Harus Sentuh Riil Masyarakat

Sabtu, 06/02/2016 19:46 WIB

Pertamina Siapkan Capex USD5,3 Miliar

Sabtu, 06/02/2016 18:58 WIB

Maluku - NTT Berhak Atas Blok Masela

Sabtu, 06/02/2016 18:39 WIB

Tingkatkan Turis Asing, Kemenpar Serius Garap Pasar Osaka

Sabtu, 06/02/2016 18:12 WIB

Perubahan Formula Harga Gas Harus Transparan

Sabtu, 06/02/2016 17:54 WIB

Harga Gas Batal Turun, Apigas Sumut Geram

Sabtu, 06/02/2016 17:47 WIB

Perekonomian Sumut Alami Perlambatan

Sabtu, 06/02/2016 17:47 WIB

Wagub Sumsel Ajak Masyarakat Dukung Pembangunan Infrastruktur

Kabar EkBis

06 Februari 2016 - Ekonomi Bisnis

BI: Jalur Logistik Tantangan Ekonomi Bali 2016

06 Februari 2016 - Ekonomi Bisnis

Menko Darmin: Jangan Anggap Serius Isu PHK

06 Februari 2016 - Ekonomi Bisnis

Jokowi: Pertumbuhan Ekonomi 5,4% Beri Harapan

Executive Brief

Moto GP - Yamaha memprioritaskan Lorenzo dibanding Rossi mengenai kontrak baru.

Moto GP - Tahun lalu rehabilitasi lengan, karier Pedrosa selamat.

Tenis - Gagal tiga kali di Final Prancis Terbuka, Novak Djokovic targetkan juara tahun ini.

Tenis - Del Potro siap kembali ke lapangan usai dibekap cidera selama 2 tahun.

F1 - Pastor Maldonado optimis kembali pada musim 2017, walaupun musim ini dibuang Renault.

F1 - Modal belum terkumpul, Rio Haryanto pasrah gagal balapan di Formula Satu.

Buenos Aires - Argentina menawarkan cash US$6,5 miliar untuk membayar kreditor pemegang bond yang sudah default, untuk menjaga negarnya agar tidak jatuh dalam krisis finansial.

New Jersey menjadi negara bagian keempat yang menuntut Volkswagen AG akibat skandal emisi disel.

New York: Perkembangan harga minyak Jumat (5/1) : West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Maret turun 83 cents menjadi US$30.89 per barel di New York Mercantile Exchange.

London - Perkembangan harga minyak Jumat (5/1) : Brent North Sea crude untuk pengiriman April, ditutup pada US$34.06 per barel, turun 40 cents.

Washington - AS dan India akan menyelesaikan perselisihan perdagangan tenaga listrik bertenaga matahari, di mana AS menilai India diskriminasi terhadap produk impor.

Toronto - BlackBerry Ltd mem-PHK 200 orang pada Jumat (5/2), dan akan mengembangkan bisnis enterprise software.

New York - Saham-saham AS pada Jumat (5/1):

Dow Jones Industrial turun 211.61 poin (1.29%) ke 16,204.97.

S&P 500 turun 35.40 poin (1.85%) ke 1,880.05.

Nasdaq Composite turun 146.42 poin (3.25%) ke 4,363.14.

Taipei - Lebih dari 100 orang terperangkap dalam sebuah gedung di Selatan Taipei akibat gempa bumi 6,4 SR pada Sabtu (6/1).

Kathmandu - Gempa bumi 5,4 SR dikabarkan menghantam Timur Laut Kathmandu pada Jumat (5/2).

New York - US$ menguat terhadap Euro pada Jumat (5/2) setelah data menunjukan penurunan tingkat pengangguran. Pada 2200 GMT US$ diperdagangkan naik 5,1% terhadap Euro pada US$1.1158

KPK - Pengacara RJ Lino, Maqdir Ismail sebut kliennya akan penuhi panggilan KPK kali ini.

Ekonomi - Direktur Pelaksana IMF memperingatkan perlambatan di negara berkembang sebabkan meningkatnya ketidaksetaraan dalam ekonomi global.

Bursa - PT Pembangunan Perumahan bukukan laba bersih yang didistribusikan kepada pemilik entitas induk sebesar Rp732 miliar pada 2015.

Trend Kurs USD/IDR (1-5 Feb 2016)

Senin  : Rp13.635

Selasa: Rp13.680

Rabu  : Rp13.749

Kamis : Rp13.641

Jumat : Rp13.620

Sumber : Data Reuters

PKS - Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Hidayat Nur Wahid tegaskan jika PKS tetap berada diluar pemerintah sebagai oposisi.

KMP - Ditinggal PAN dan Golkar, KMP yang hanya bersisa Gerindra dan PKS akhirnya mengaku bubar.

PPP - Sekjen PPP Muktamar Jakarta mengaku pasrah atas sikap Menkumham yang enggan keluarkan SK Kepengurusan hasil Muktamar Jakarta.

Ekonomi - BPS mencatat pendapatam per kapita atas dasar harga berlaku Indonesia pada periode 2015 sebesar Rp45,18 juta.

BUMN - Kementerian BUMN mengaku memiliki regulasi khusus untuk penetapan jajaran komisaris dan direksi pada tiap perusahaan plat merah.

Jadwal Pertandingan Premier League Inggris (7/2)

00:30 Southampton vs West Ham United

20:30 AFC Bournemouth vs Arsenal

23:00 Chelsea vs Manchester United

Hukum - Ketum Partai Perindo Hary Hary Tanoesoedibjo laporkan Jaksa Agung HM Prasetyo terkait pencemaran nama baik ke Bareskrim, Jumat (5/2).

BUMN - Kementerian BUMN catat sebanyak 18 petinggi perusahaan pelat merah bakal habis masa baktinya dalam tiga bulan ke depan.

Moto GP - Buntut Insiden Kontroversi Marquez - Rossi, Moto GP kenalkan hakim balap.

IBL - Stadium Happy 8 Jakarta Akhiri IBL Seri Malang dengan Kemenangan.

NBA - Steph Curry  dan Klay Thompson saling berhadapan dalam 3 - point contest.

DPR - Komisi V DPR menjamin akan menjadi yang terdepan dalam menolak pembangunan kereta cepat jika melanggar aturan.

BBM - Wapres JK nilai wacana Ahok untuk hapus BBM jenis premium di DKI hanya sebagai pandangan pribadi.

Jadwal Pertandingan Liga Serie A Italia (7/2)

00:00 Bologna vs Fiorentina

02:45 Genoa vs Lazio

18:30 Hellas Verona vs Inter

21:00 AC Milan vs Udinese

21:00 Frosinone vs Juventus

21:00 SSC Napoli vs Carpi

21:00 Sassuolo vs Palermo

21:00 Torino vs ChievoVerona

Kereta cepat - Ketua PP Muhammadiyah Busyro Muqoddas menilai banyak terjadi keanehan pada pembangunan proyek Kereta Cepat Jakarta - Bandung.

PHK - Kemenperin yakin Toshiba dan Panasonic tak semena-mena pada pekerja.

Washington - Presiden AS Obama dan Presiden China Xi Jinping pada Jumat (5/1) setuju untuk merespon "Provokasi Korut" dengan resoluasi PBB "yang signifikan".

Bank - Beberapa bank berencana masuk ke produk layanan wealth management untuk bisa menggaet nasabah dari kalangan menengah atas.

Jadwal Pertandingan Liga BBVA Spanyol (7/2)

00:15 Rayo Vallecano vs Las Palmas

02:30 Athletic Bilbao vs Villarreal

04:05 Sporting Gijon vs Deportivo La Coruna

18:00 Levante vs Barcelona

22:00 Real Betis vs Valencia

Bank - OJK ungkapkan sebanyak 82 persen atau sembilan dari 11 BPR dicabut izin usahanya dalam kurun waktu 2014-2016.

Emiten - Sejumlah emiten memproyeksi pendapatan dari lini bisnis logistik bakal meningkat berkat operasional Pusat Logistik Berikat yang baru dibentuk.

Ekonomi - BPS merilis pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2015 sebesar 4,79 persen.

Bank- Bank MNC International Tbk masih dalam proses pencarian untuk bank yang akan diakuisisi perseroan pada tahun ini.

Tren IHSG (1-5 Februari 2016)

Senin   : 4.624

Selasa : 4.587

Rabu    : 4.596

Kamis  : 4.665

Jumat  : 4.798

Los Angeles - Maurice White, pendiri band R&B Earth, Wind & Fire meninggal pada usia 74.

Linkedln memperkirakan profit pada kuartal I di bawah harapan para analis.

Taipei - Foxconn menawarkan untuk investasi senilai US$5,6 miliar di Sharp Corp., yang sedang limbung.

Matt LeBlanc, bintang "Friends" akan bergabung dengan "Top Gear", program populer punya BBC.

Jadwal Pertandingan Premier League Inggris (6/2)

19:45 Manchester City vs Leicester City

22:00 Aston Villa vs Norwich City

22:00 Liverpool vs Sunderland

22:00 Newcastle United vs West Bromwich Albion

22:00 Stoke City vs Everton

22:00 Swansea City vs Crystal Palace

22:00 Tottenham Hotspur vs Watford

The New York Times Co melaporkan profit pada kuartal IV 2015 lebih baik dari harapan analis.

Washington - Presiden Obama mengusulkan pajak US$10 per barel terhadap perusahaan minyak, yang akan digunakan untuk membangun infrastruktur.

Liverpool- Fans Liverpool dikabarkan akan walk out pada pertandingan Sabtu melawan Sunderland sebagai protes kenaikan harga tiket.

BTN - Laba bersih BTN mencapai Rp 1,85 triliun hingga akhir 2015, naik 62% dari tahun 2014 yang tercatat sebesar Rp 1,15 triliun.

Industri dengan gaji Terbesar di China 2016

1. Perbankan

2. Properti

3. Software

4. Energi dan Pertambangan

5. E-Commerce

6. Game Online

7. Jasa Perantara (Makelar)

Sumber:  China Daily (Feb, 2016)

London - Global Survey perekonomian 2016 menunjukan:

Sektor jasa AS pertumbuhannya menurun

Aktivitas Euro lemah

Asia membaik

Washington - Mozilla akan menghentikan Firefox smartphone operating system.

ISIS - Irak membujuk perusahaan-perusahaan satelit agar menghentikan pelayanan Internet di daerah-daerah yang dikuasai ISIS.

Beijing - Hacker menyerang 20 juta akun aktif di website e-commerce Taobao milik Alibaba Groups.

Buruh - KSPI: Sekitar 20 ribu buruh akan unjuk rasa ke Istana pada 6 Februari 2016.

Entertainment

03 Februari 2016 - Entertainment & Life Style

Sharp Luncurkan TV Resolusi Tinggi 8K Berbasis Android TV

02 Februari 2016 - Entertainment & Life Style

Pakar: Gadget Berdampak Turunnya Hubungan Antarmanusia

02 Februari 2016 - Olahraga

Guardiola Jadi Manajer City Mulai Juli