Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pemprov Jabar-PLN Sinergi Program Listrik Gratis

Warta Ekonomi -

WE Online - Pemprov Jawa Barat dan PLN Distribusi Jabar Banten (DJBB) bersinergi menggulirkan program pemasangan aliran listrik gratis bagi keluarga prasejahtera dan sejahtera I di provinsi itu.

"Kerja sama pemasangan sambungan listrik gratis ini diperuntukkan bagi keluarga prasejahtera dan sejahtera I yang diajukan setelah melalui verifikasi terlebih dahulu," kata Supervisor Humas PLN DJBB Agus Yuswanta di Bandung, Senin.

Ia menyebutkan, pemasangan listrik gratis di Jabar pada 2014 sebanyak 52.688. Kerja sama itu dijalin Pemprov Jabar melalui Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Jabar dalam rangka mengoptimalkan program Jabar Caang yakni program elektrifikasi 100 persen di Jabar.

"Anggarannya berasal dari APBD Jabar tahun 2014, program ini disinergikan dengan program dari PLN dalam pemasangan listrik pintar yakni menggunakan listrik pulsa atau token untuk berhemas listrik," kata Agus.

Lebih lanjut, Agus menyebutkan pemasangan listrik cuma-cuma itu adalah dari APP atau meteran listrik dan jaringan di dalam rumah dengan kapasitas daya dipasang sebesar 450 Watt atau Paket I.

Sementara itu, menurut data di PLN DJBB, elektrifikasi di wilayah Jawa Barat saat ini telah mencapai 99,88 persen. Sebagian besar lokasi yang belum mendapatkan aliran listrik adalah di kawasan Jabar selatan yang sulit tertembus jaringan listrik.

"Elektrifikasi di Jabar selain dilakukan menggunakan jalur listrik PLN dari jaringan distribusi Jawa Barat, juga dibangun sejumlah pembangkit mikrohydro bagi daerah terpencil yang sulit dijangkau bentangan saluran listrik," kata Agus Yuswanta menambahkan. (Ant)

Foto : SY

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor:

Advertisement

Bagikan Artikel: