Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

OJK Mulai Kaji dan Awasi 'Financial Planner' di Indonesia

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Banyaknya korban kasus investasi bodong yang mengaku bahwa mereka melakukan investasi berdasarkan rekomendasi dari perencana keuangan (financial planner) membuat Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mulai mengkaji dan mengawasi kegiatan dari para financial planner yang ada di Indonesia.

Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal OJK Nurhaida menuturkan pihaknya masih harus mengkaji seperti apa kegiatan para perencana keuangan ini. Untuk itu, perlu pembahasan yang mendalam untuk bisa menentukan apakah profesi perencana keuangan perlu diatur lembaga tertentu atau tidak.

"OJK sedang mengkaji kegiatan dari financial planner. Harusnya, semua kegiatan publik harus ada pengawasnya," kata Nurhaida saat ditemui di Gedung OJK beberapa hari yang lalu.

Nurhaida menjelaskan OJK perlu melihat lebih dekat terkait kegiatan yang dilakukan perencana keuangan tentang kegiatan yang dilakukan dan rekomendasi yang diberikan kepada investor.

"Jadi, finansial planner ini sedang kita coba lihat terutama di satuan tugas. Apakah kegiatan mereka ini sama atau beda dengan penasihat investasi? Kalau sama, mereka harus dapat izin dari OJK. Pada dasarnya, kalau penasihat keuangan ini memberikan sesuatu rekomendasi terhadap investasi tentu ini masuk ke wilayah penasihat investasi atau bukan itu sedang kita telaah dan kaji," paparnya.

Namun, sayangnya Nurhaida belum bisa menjelaskan apakah financial planner akan masuk ranah pengawasan otoritasnya atau tidak.

"Itu kita lihat dulu kegiatannya seperti apa sebetulnya. Ada (pengaduan soal financial planner) yang menangani satgas waspada investasi. Saya belum bisa bilang apakah ini akan masuk pengawasan OJK. Itu masih terus kita kaji," pungkasnya.

(Fajar Sulaiman)

Foto: FS

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajar Sulaiman
Editor: Cahyo Prayogo

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: