Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

HSC: Pilpres 2014 Pengaruhi Bisnis Otomotif

Warta Ekonomi -

WE Online, Surabaya - Agen Tunggal Pemegang Merek Honda Surabaya Center (HSC) menilai peran Pilpres tahun 2014 sangat mempengaruhi bisnis otomotif di Jawa Timur karena angka penjualan mobilnya kian turun pada momentum tersebut.

"Grafik penjualan kami 'slow down' saat pesta demokrasi seperti sekarang," kata "General Manager" HSC, Wendy Mihardja, ditemui dalam pengenalan Honda Mobilio RS, di Surabaya, Senin malam (23/6/2014).

Walau begitu, optimistis dia, penurunan volume penjualan tersebut bukan menjadi halangan perseroannya untuk merealisasi target penjualan mobil pada tahun 2014. Salah satu faktor penyebabnya, pada bulan Juni ini akan tiba Ramadhan 1435 Hijriah, musim liburan, dan sebentar lagi lebaran.

"Sudah bisa dipastikan sesuai pengalaman tahun lalu, kebutuhan konsumen terhadap produk otomotif akan bertambah," katanya.

Selain itu, jelas dia, pada semester I tahun ini pihaknya juga menyosialisasi varian terbaru mobil "Multi Purpose Vehicle/MPV" yakni Honda Mobilio RS di Kota Pahlawan. Upaya tersebut ikut dipicu besaran penjualan Honda Mobilio yang pertama kali dikenalkan di pasar internasional melalui ajang International Motor Show tanggal 19 September 2013.

"Lalu untuk konsumen di Indonesia mobil jenis tersebut dikirimkan pada bulan Januari 2014," katanya.

"President Director" HSC, Ang Hoey Tiong, menyatakan, sejak Januari sampai dengan akhir Mei 2014 pihaknya telah mencatat penjualan sebesar 35.550 unit di Indonesia. Bahkan, menempati posisi kedua di segmen "Low MPV" dengan pangsa pasar 22 persen.

"Sementara, untuk wilayah kerja kami volume penjualan Mobilio hingga pertengahan Juni 2014 mampu tercatat 7.467 unit," katanya.

Dari angka itu, lanjut dia, sebanyak 4.759 unit sudah dikirimkan ke konsumen di penjuru Jatim, Bali, Nusra. Dengan demikian, pihaknya masih mempunyai daftar tunggu (inden) Mobilio sekitar 2.708 unit.

"Secara total penjualan Mobilio ini menyumbang lebih dari 50 persen penjualan kami yang tercatat sebanyak 8.906 unit hingga akhir Mei 2014," katanya. (Ant)

Foto: hondajava.com

 

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Sucipto

Advertisement

Bagikan Artikel: