Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

DIrut BTN: Konsolidasi Tidak Hanya Akuisisi

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Maryono menilai konsolidasi perbankan tidak hanya dapat dilakukan melalui akuisisi, namun juga melalui upaya lain seperti transformasi layanan perusahaan.

"Konsolidasi memang suatu keharusan karena kita menghadapi persaingan dengan dunia luar dan memang itu suatu kewenangan BUMN itu sendiri, namun tidak semata-mata konsolidasi selamanya akusisi atau merjer, transformasi juga dapat disebut konsolidasi" kata Maryono saat paparan kinerja di Jakarta, Senin (21/7/2014).

Menanggapi aksi pemerintah Malaysia yang merestui megamerger 3 banknya, yakni CIMB Grup, RHB Capital, dan Malaysia Building Society Berhad, Maryono menilai langkah tersebut tidak serta merta dapat dilakukan di Tanah Air karena kondisinya berbeda.

Maryono melihat, potensi pembiayaan perbankan di dalam negeri sendiri masih sangat besar untuk digarap. Ia juga mengharapkan konsolidasi sendiri tidak menjadi suatu kerancuan.

"Jangan terburu-buru melakukan konsolidasi meniru negara lain. Kita masih punya potensi yang besar banget," ujar Maryono.

Maryono menambahkan, BTN memang dibentuk oleh pemerintah untuk membiayai sektor perumahan. Menurutnya, selama 64 tahun, BTN juga sudah menunjukkan prestasi sebagaimana yang diamanatkan.

"Rata-rata target pemerintah dalam membangun rumah rakyat dieksekusi oleh BTN sebesar 94-96 persen," kata Maryono.

Sejak awal berdiri, BTN sudah dikondisikan seperti sekarang dan selalu menjadi andalan pemerintah untuk pemenuhan rumah rakyat.

Oleh karena itu, kata Maryono, dalam rencana bisnis perseroan sangat jelas bahwa BTN fokus pada housing bank.

"Kami sudah siap dengan seluruh infrastruktur, SDM dan teknologi untuk mendukung bisnis sebagai housing bank dengan pasar yang sangat jelas yaiu masyarakat menengah ke bawah," ujar Maryono. (Ant)

 

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Sucipto

Advertisement

Bagikan Artikel: