Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Analis: Pelaku Pasar 'Wait and See', IHSG Berpeluang Melemah

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) sempat melemah, namun tipis hingga berangsur pulih jelang penutupan. Pada akhir perdagangan, di luar perkiraan di mana belum selesainya pembacaan hasil sidang putusan Mahkamah Konstitusi (MK), pelaku pasar sedikit berspekulasi dalam trading buy sejumlah saham.

"Meski saham-saham komoditas dan infrastruktur mengalami pelemahan, namun tidak menghalangi laju IHSG untuk kembali melanjutkan penguatan. Pelaku pasar kemungkinan melihat bahwa hasil sidang akan selesai dibacakan setelah tutupnya jam perdagangan (atau mungkin lebih lama) sehingga belum akan mempengaruhi pergerakan IHSG seperti yang dikhawatirkan sebelumnya," kata Analis Asosiasi Efek Indonesia (AAEI) Reza Priyambada di Jakarta, Jumat (22/8/2014).

Sepanjang perdagangan kemarin, IHSG menyentuh level 5.206,14 (level tertingginya) di akhir sesi dua dan menyentuh level 5.154,69 (level terendahnya) di awal sesi dua dan berakhir di level 5.206,14. Volume perdagangan dan nilai total transaksi turun. Investor asing mencatatkan nett buy dengan kenaikan nilai transaksi beli dan transaksi jual. Investor domestik mencatatkan nett sell.

Pada perdagangan hari ini, Reza melanjutkan, IHSG diperkirakan akan berada pada rentang support 5.150-5.185 dan resisten 5.212-5.218. Hanging man di bawah upper bollinger band (UBB). MACD masih bergerak naik terbatas dengan histogram positif yang naik tipis. RSI, Stochastic, dan William's %R mencoba bergerak naik.

Target support dan resisten tersebut dengan asumsi kondisi pasar dapat berjalan dengan normal tanpa terpengaruh hasil MK. Tetapi, jika terpengaruh dan direspons negatif maka diharapkan dapat terjaga di support 5.120-5.135 dan resisten 5.209-5.212.

"Laju IHSG pun berpeluang bergerak variatif cenderung melemah tipis seiring wait and see pelaku pasar terhadap putusan tersebut," tukasnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Annisa Nurfitri
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: