Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

XL Kenalkan Aplikasi 'M-Fish' untuk Nelayan

Warta Ekonomi -

WE Online, Surabaya - Operator telekomunikasi, PT XL Axiata Tbk, berkomitmen meningkatkan produktivitas nelayan di Indonesia dengan menyediakan inovasi teknologi terkini guna menindaklanjuti upaya pemerintah memajukan sektor maritim.

"Salah satunya mengenalkan m-Fish sebagai aplikasi berbasiskan teknologi selular. Kami yakin kehadiran aplikasi itu dapat memaksimalkan produktivitas nelayan," kata Wakil Presiden Direktur XL, Dian Siswarini, melalui siaran persnya, di Surabaya, Kamis (26/2/2015).

Ia optimistis, upaya tersebut sekaligus bertujuan menjaga kelestarian lingkungan dan ekosistem laut Indonesia. Dengan demikian, layanan itu akan diimplementasikan ditujukan untuk membantu masyarakat nelayan. "Khususnya terkait dengan program pembangunan ekonomi perikanan dan kelautan yang berkelanjutan," ujarnya.

Untuk saat ini, jelas dia, pengenalan program itu dilakukan pertama kali di Pantai Pondok Perasi Ampenan, Lombok. Hal itu dikarenakan wilayah tersebut memiliki potensi bisnis di sektor maritim dan kelautan yang sangat besar. "Sebagai negara maritim, Indonesia memiliki sumber daya alam laut yang berlimpah. Kegiatan kami ini seiring perhatian pemerintah pada sektor kelautan yang semakin meningkat termasuk pada masyarakat nelayan," katanya.

Oleh sebab itu, tambah dia, perusahaan itu merasa perlu untuk ikut mendukung pembangunan di sektor ini terutama melalui bidang teknologi informasi (TI). Ia berharap, layanan dari aplikasi m-Fish tidak hanya membantu masyarakat nelayan Indonesia dalam meningkatkan produktivitas. "Akan tetapi, mampu mendorong nelayan untuk menjaga ekosistem wilayah tangkapan sehingga berdampak positif pada peningkatan kualitas hidup mereka," katanya.

Pada tahap awal, ujar dia, layanan itu masih berbasis pada sistem operasi android dengan teknologi jaringan 3G. Meski begitu, layanan itu dapat diadaptasi ke jaringan 4G. "Fitur pada aplikasi m-Fish ini menyediakan akses informasi yang dibutuhkan oleh para nelayan," katanya.

Ia melanjutkan, seperti kondisi prakiraan cuaca, info ketinggian pasang surut, peta permukaan laut secara lebih tepat dan akurat, lokasi pencarian ikan dan plankton, serta nilai komersial. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Achmad Fauzi

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: