Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

'Roadshow' di Osaka, BKPM Kantongi Komitmen Investasi US$ 640 Juta

Warta Ekonomi -

WE Online Jakarta - Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) berhasil mengantongi komitmen investasi sebesar US$ 640 Juta dalam roadshow pemasaran investasi di Osaka, 25-26 Mei 2015.

Kepala BKPM Franky Sibarani mengatakan komitmen tersebut berasal dari industri baja senilai US$ 200 juta, industri kimia senilai US$ 300 Juta, kawasan industri dan properti US$ 100 juta, dan industri perkapalan US$ 40 juta.

"Komitmen investasi di atas, bukan hanya dalam tahap rencana, tapi sebagian sudah memasuki tahap realisasi. Para investor yang bertemu BKPM juga sudah menyampaikan minatnya untuk melakukan perluasan investasi. Memang, survei JETRO menunjukkan dari tiga perusahaan Jepang yang sudah masuk ke Indonesia, dua diantaranya sudah memiliki rencana perluasan. Ini yang akan terus dikawal BKPM untuk segera terealisasi," katanya.

Ia menambahkan adanya juga komitmen investasi untuk industri-industri yang strategis dan berorientasi ekspor. Dia mencontohkan seperti industri baja. Dimana kebutuhan baja di Indonesia sebesar 14 juta ton/tahun, sementara produksi nasional hingga saat ini masih berkisar 5 juta ton/tahun, sehingga Indonesia masih harus mengimpor baja sebesar 9-10 juta ton/tahun.

"Adanya investor baja baru tentunya akan meningkatkan produksi baja nasional sekaligus mengurangi angka impor Indonesia. Demikian halnya dengan industri kimia, di mana 50% produknya diorientasikan untuk ekspor. Hal ini tentunya berdampak positif terhadap perekonomian, selain lapangan kerja yang diciptakan," ujarnya.

Setelah di Osaka, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Franky Sibarani melanjutkan roadshow menindaklanjuti minat investasi Jepang di Tokyo dan Nagoya, 27-29 Mei mendatang. Di kedua kota tersebut, Kepala BKPM akan melakukan pertemuan one-on - one meeting dengan investor potensial, pertemuan dengan asosiasi bisnis serta menggelar Investor Forum bekerjasama dengan Bank of Tokyo Mitsubishi UFJ.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Achmad Fauzi

Advertisement

Bagikan Artikel: