Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Blatter Mundur Tanda Sepak Bola Perlu Direformasi

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Koordinator Tim Transisi Bidang Tata Kelola Sepak Bola Nasional Zuhairi Misrawi menyatakan mundurnya Presiden FIFA Sepp Blatter merupakan tanda dunia sepak bola tengah didesak untuk melakukan reformasi, termasuk dalam dunia sepak bola nasional.

"Semalam dunia sepak bola dikejutkan dengan keputusan Sepp Blatter mundur sebagai Presiden FIFA. Ini menunjukkan secara alami bahwa harus terjadi pembenahan sepak bola dan ini sejalan dengan reformasi pemerintah. Saya kira Blatter mendengarkan tuntutan dalam dunia sepak bola," kata Zuhairi dalam sesi diskusi di Gedung DPD RI, Senayan, Jakarta, Rabu (3/6/2015).

Tokoh muda Nahdlatul Ulama itu menambahkan dunia sepak bola nasional telah lama dibelenggu oleh permasalahan korupsi serta tata kelola yang amburadul dan menjadikan dunia si kulit bundar di Indonesia tidak pernah maju.

"Sudah terlalu lama kita didera masalah korupsi yang serius. Coba PT Liga dan PSSI suruh membuka laporan keuangannya, berani tidak?" imbuhnya.

Dia melanjutkan bahwa akibat tata kelola yang buruk maka manajemen klub pun terkena dampak yang nyata. Ia menegaskan hal itu merupakan penyebab dari masalah-masalah yang tak kunjung usai, seperti menunggaknya gaji para pemain.

"Coba dihitung, dari 18 klub yang berlaga, hanya Persib, Persipura, dan Semen Padang yang keuangannya waras. 15 klub merugi. Akibatnya, ada penunggakan gaji, ada pemain yang hingga meninggal gaji belum dibayar. Apalagi sepak bola gajah yang sampai sekarang PSSI pun tidak tindakan, ada masalah juga pemukulan wasit. Untuk itu, pemerintah melalui Menpora ingin menata sepak bola nasional," tandasnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Ferry Hidayat
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: