Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Menpora: Kita Tak Boleh Takut pada FIFA

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi menyatakan masalah yang terjadi di FIFA saat ini karena adanya dugaan korupsi dan mundurnya Presiden FIFA Sepp Blatter merupakan momentum untuk melakukan reformasi sepak bola Indonesia.

"Beberapa bulan ke depan akan ada perubahan besar-besaran untuk menata kembali persepakbolaan Indonesia. Statuta FIFA bukan panduan sempurna yang harus ditakuti, bangsa Indonesia tidak boleh takut," kata Imam seperti dilansir tim media Kemenpora di Jakarta, Rabu (3/6/2015).

Menpora menyatakan pemerintah Indonesia akan melakukan pembenahan terkait bantuan FIFA dalam bentuk program dan uang yang rawan disalahgunakan.

"Oleh karena itu, butuh transparansi termasuk di dalam tubuh PSSI. Ini momentum sangat baik agar terjadi reformasi besar-besaran di tubuh FIFA dan sepak bola Indonesia," kata Menpora.

Menurut dia, FIFA sebagai organisasi memiliki kelemahan secara akuntalibilitas dan transparansi terkait masalah korupsi yang telah terjadi selama bertahun-tahun.

"Korupsi di FIFA dikarenakan tidak ada lembaga yang mengawasi. Reformasi yang saat ini digulirkan kepada FIFA berasal dari tekanan pihak luar (intervensi). Mundurnya Sepp Blatter karena dia kehilangan mandat dari semua pihak seperti klub, pemain hingga suporter," kata mantan Sekjen PKB itu.

Seperti dikutip Reuters, Sepp Blatter mengundurkan diri sebagai presiden FIFA pada Selasa (2/6/2015), empat hari setelah terpilih kembali untuk masa jabatan kelima.

Pria 79 tahun tersebut, mengumumkan keputusan itu pada konferensi pers di Zurich, enam hari setelah FBI menggerebek hotel di Zurich dan menahan tujuh pejabat FIFA. Ia terpilih kembali setelah satu-satu rivalnya, Pangeran Ali bin Al Hussein asal Jordania, mengundurkan diri setelah mendapatkan 73 suara berbanding 133 suara milik Blatter pada putaran pertama pemungutan suara. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: