Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pidato Ketua Fed Tekan Harga Emas Turun

Pidato Ketua Fed Tekan Harga Emas Turun Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Chicago -

Emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange berakhir lebih rendah pada Rabu (Kamis pagi WIB, 29/9/2016), karena para pedagang bereaksi terhadap pidato Ketua Fed Jannet Yellen.

Kontrak emas yang paling aktif untuk pengiriman Desember turun 6,7 dolar AS, atau 0,5 persen, menjadi menetap di 1.323,7 dolar AS per ounce.

Logam mulia diletakkan di bawah tekanan karena Ketua Federal Reserve AS Janet Yellen berbicara di hadapan Komite Jasa Keuangan DPR AS, mengatakan bahwa dia percaya bahwa "terlalu besar untuk gagal" bank-bank lebih sedikit dari masalah, dan bahwa sistem perbankan AS telah diperkuat.

Para analis mencatat bahwa meskipun dia tidak berbicara langsung tentang kekuatan ekonomi AS, kesaksian ini masih mendorong investor menjauh dari emas sebagai "safe haven" sehingga mereka menunjukkan kepercayaan Yellen di saham-saham perbankan AS.

Emas berada di bawah tekanan lebih lanjut ketika laporan barang tahan lama yang dirilis oleh Departemen Perdagangan AS pada Rabu menunjukkan pertumbuhan pesanan baru tidak berubah selama Agustus, yang berada pada ujung tertinggi dari ekspektasi, karena investor telah memperkirakan penurunan dalam langkah-langkah. Selain itu, analis mencatat bahwa pesanan eks-transportasi menurun, tetapi juga pada tertinggi dari ekspektasi.

Indeks dolar AS turun 0,01 persen menjadi 95,46 pada pukul 17.15 GMT. Indeks adalah ukuran dari dolar terhadap sekeranjang mata uang utama.

Emas dan dolar biasanya bergerak berlawanan arah, yang berarti jika dolar naik maka emas berjangka akan jatuh karena emas yang diukur dengan dolar menjadi lebih mahal bagi investor.

Pedagang sedang menunggu sisa pekan ini untuk beberapa pidato Fed pada Kamis, serta produk domestik bruto, perdagangan internasional dalam barang, dan klaim pengangguran mingguan pada hari yang sama, bersama dengan laporan penghasilan dan pengeluaran pribadi pada Jumat.

Perak untuk pengiriman Desember turun 4,4 sen, atau 0,23 persen, menjadi ditutup pada 19,121 dolar AS per ounce. Platinum untuk pengiriman Oktober turun 2,9 dolar AS, atau 0,28 persen, menjadi ditutup pada 1.022,3 dolar AS per ounce. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Sucipto

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: