Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

IORA Perkuat Kerja Sama Bidang Perdagangan dan Investasi

Oleh: ,

IORA Perkuat Kerja Sama Bidang Perdagangan dan Investasi Kredit Foto: Kemenlu
Warta Ekonomi, Jakarta -

Kerja antara negara-negara IORA perlu ditingkatkan ke level yang lebih tinggi, bukan hanya di tingkat regional, namun juga di tingkat global, demikian menurut Siswo Pramono, Kepala Badan Pengkajian dan Pengembangan Kebijakan Kemlu RI dalam pertemuan the 16th Working Group on Trade and Investment yang berlangsung di Bali, 24 Oktober 2016.

Pernyataan tersebut merupakan intisari dari Simposium Internasional IORA yang diselenggarakan di Yogyakarta, 14-15 September lalu, dengan tema the 20th Anniversary of IORA: Learning from the Past and Charting the Future.

Hasil simposium internasional yang dilaporkan secara khusus dalam pertemuan WGTI tersebut mendapatkan apresiasi dari para peserta pertemuan. Selain karena partisipasi aktif negara IORA, simposium juga melibatkan kalangan akademisi dan civil society.

Selain itu, disampaikan pula oleh Benyamin Carnadi, Direktur Kerja Sama Intrakawasan Asia Pasifik dan Afrika selaku Pimpinan pertemuan WGTI bahwa "IORA sepakat untuk mempercepat implementasi beberapa inisiatif penting, terutama peluncuran IORA Web Trade Repository dan IORA Guide for Investment".

Baik hasil simposium internasional maupun beberapa inisiatif WGTI diharapkan dapat mendukung penguatan kerja sama ekonomi, arsitektur regional, dan kerja sama sosial budaya negara-negara di kawasan Samudera Hindia. Adapun sejumlah inisiatif di atas pertama kali diusulkan oleh Indonesia dalam pertemuan the 15th IORA Council of Ministers? and Its Related Meetings di Padang bulan Oktober 2015 lalu.

IORA Web Trade Repository bertujuan untuk mengumpulkan data perdagangan baik secara kuantitatif (nilai perdagangan) maupun kualitatif (kebijakan dan peluang dagang). Sedangkan IORA Guide for Investment bertujuan untuk memberikan informasi menyeluruh terkait peraturan dan kebijakan bidang investasi di setiap negara anggota IORA.

IORA merupakan organisasi regional yang mengedepankan kerja sama ekonomi di kawasan Samudera Hindia. Saat ini, IORA beranggotakan 21 negara yaitu Afrika Selatan, Australia, Bangladesh, Komoro, India, Indonesia, Iran, Kenya, Madagaskar, Malaysia, Mauritius, Mozambik, Oman, Persatuan Emirat Arab, Seychelles, Singapura, Somalia, Sri Lanka, Tanzania, Thailand, dan Yaman.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: