Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

PLN Sumut Berikan Potongan Biaya Penambahan Daya Hingga 50 Persen

PLN Sumut Berikan Potongan Biaya Penambahan Daya Hingga 50 Persen Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Medan -
Manager Niaga PLN Wilayah Sumut Jadima Purba mengatakan bahwa?PT PLN (Persero) Wilayah Sumatera Utara memberikan keringanan biaya penambahan daya sebesar 50 persen, mulai dari 900 volt ampere (VA) hingga 97 KVA, terhitung Juni hingga 31 Juli 2017 mendatang.
Pemberian pengurangan biaya untuk penambahan daya tersebut dilakukan secara nasional guna meringankan beban masyarakat di saat ini yang sedang membutuhkan dana baik untuk keperluan lebaran maupun biaya masuk pendidikan anak sekolah.
????
"Program ini diberikan untuk meringankan beban masyarakat di saat membutuhkan biaya besar untuk keperluan lebaran maupun biaya pendidikan anak sekolah. Untuk itu, PLN memberikan keringanan dengan diskon 50 persen untuk pembayaran penambahan daya. Misalnya biaya penambahan daya dari 900 ke 1300 sebesar Rp400.000, maka pelanggan cukup membayar Rp200.000 saja," katanya Kamis (22/6/2017).
????
Sementara itu, untuk pelanggan sosial khususnya rumah ibadah seperti masjid, biaya penambahan dayanya diberikan gratis. Sedangkan bagi pelanggan pasca bayar yang biasanya dikenakan uang jaminan langganan, pada saat program ini berlangsung tidak ditagih.
????
Terkait dengan adanya dugaan, bahwa program diskon ini untuk menjebak pelanggan menggunakan daya yang tinggi dengan harga yang lebih mahal, Jadima Purba menjelaskan, bahwa saat ini dari daya 900 VA hingga 5.500 VA tarif listriknya sama semua tidak ada perbedaan.
????
"Jadi saat ini mulai daya 900 VA hingga 5.500 VA tarif listriknya sama. Tinggal menyesuaikan kebutuhan pelanggan saja, kalau kebutuhannya 1.300 sementara daya yang terpasang cuma 900 sebaiknya ya dinaikkan, karena tarifnya sudah sama. Sedangkan kalau tidak ditambah pasti meterannya akan 'nendang' (jeplak)," ujarnya.
????
Untuk bisa mendapatkan program ini, pelanggan jangan mencari orang PLN atau mencari petugas PLN yang mengaku bisa mengurusnya. Tetapi caranya, pelanggan menghubungi contact center PLN (061)-123 dan siapkan nomor ID Pelanggan atau nomor rekening PLN untuk menyesuaikan data pelanggan.
?"Prosesnya operator PLN 123 akan memandu pelanggan sampai datanya dipastikan cocok, sehingga pada akhir pembicaraan akan diberikan kode bayar melalui kantor pos atau melalui ATM dan lainnya. Kemudian sore atau keesokan harinya akan langsung disambung. Bila kondisinya memungkinkan dalam satu hari bisa langsung selesai," pungkasnya.?

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Khairunnisak Lubis
Editor: Vicky Fadil

Advertisement

Bagikan Artikel: