Upaya Facebook dalam meningkatkan pendapatannya dari beriklan terus dikembangkan, berbagai update fitur maupun tools yang dilakukan Facebook tentunya semakin memberikan kenyamanan bagi penggunanya dan juga mempermudah marketer untuk beriklan di Facebook. Sebelumnya di awal bulan Agustus kemarin, Facebook mengembangkan kenyamanan penggunanya dengan adanya kontrol iklan pada fiturnya terhadap apa yang diminati penggunanya saja sehingga hal tersebut menjadi solusi untuk marketer agar bisa beriklan lebih efektif dan efisien.
Oleh karena itu, di bulan yang sama Facebook kembali mengembangkan fitur iklannya agar tidak bisa diblokir sehingga berbagai aplikasi piranti lunak ad-blocker tidak mampu memblokir iklan yang tayang di Facebook.
Menurut salah satu marketer yang aktif beriklan di Facebook, Permatasari selaku digital media planner dari Suitmedia (digital & social media marketing) menjelaskan, "walaupun Facebook telah mengembangkan fitur iklannya yang tidak bisa diblokir namun bukan berarti para pengiklan tidak memperhatikan relevansi iklan yang akan di tayangkan." ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima Redaksi Warta Ekonomi di Jakarta, Jumat (16/9/2016).
Ia menjelaskan ada beberapa cara agar iklan dapat berjalan dengan maksimal di Facebook. Yang pertama adalah buatlah iklan yang efektif dan relevan, relevansi dalam beriklan pada Facebook merupakan hal yang sangat penting.
"Selain kita melakukan investasi pada iklan yang dijalankan, tentunya kita juga mengharapkan timbal balik yang sesuai bukan? Karena itu, sebaiknya dalam beriklan pada Facebook kita harus membuat iklan yang efektif, sesuai dan juga pastinya relevan dengan menggambarkan bisnis yang kita jalani sehingga hasil yang kita dapatkan pun menjadi lebih optimal." tambahnya.
Kedua, tuliskan copy text ?yang efektif dan konsisten. Meskipun kita telah mempersiapkan iklan yang efektif dan relevan namun tidak disertai dengan adanya keterangan mengenai apa yang harus dilakukan oleh user setelah mendapatkan iklan yang kita jalankan.
"Jadi, buatkan copy text yang sesuai dan efektif agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal, maka kita akan dapat hasil timbal balik yang optimal." katanya. .
Ketiga, pilihlah image yang sesuai dengan "feel" dari bisnis bersangkutan. Penggunaan image dalam proses beriklan telah terbukti lebih efektif jika dibandingkan dengan penggunaan kalimat yang terlalu panjang.
"Hal ini juga diperkuat dengan pernyataan Facebook yaituimage dengan teks melebihi 20% dari kapasitas image tidak akan dapat dijalankan, karena hal ini bertentangan dengan tujuan imageyaitu untuk menarik perhatian dari user yang kita targetkan. Jadi gunakanlah kesempatan ini untuk menyampaikan pesan menggunakanimage sebaik mungkin." katanya lagi
Terakhir, manfaatkan Carousel Ads yang telah disediakan oleh Facebook sebagai salah satu strategi iklan bisnis bersangkutan. Dengan disediakan Carousel Ads oleh Facebook, maka tentunya hal ini menjadi sebuah kesempatan yang sangat baik bagi para pebisnis untuk dapat menjangkau user yang kita targetkan lebih dalam dan luas.
"Penggunaan Carousel Ads ini dapat kita manfaatkan ketika kita ingin menceritakan sebuah pendekatan yang lebih baik kepada user yang kita targetkan, sehingga selain mereka mendapatkan informasi mengenai bisnis kita, namun mereka juga memahami cerita dibalik bisnis kita tersebut." ungkapnya.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Vicky Fadil
Editor: Vicky Fadil
Tag Terkait: