PT SMART Tbk memamerkan rangkaian bahan baku inovatif untuk membantu produsen roti memaksimalkan peluang pasar roti yang cepat berkembang di dunia pada Pameran SIAL Interfood di Jakarta mulai tanggal 9 sampai 12 November 2016. Tema kegiatan tahun ini adalah "A Taste of Spring" yang terinspirasi dari roti, pastry dan kue ala Korea dan Jepang yang saat ini sangat digemari masyarakat Indonesia.?
Industri roti di Indonesia belakangan berkembang dengan sangat baik dan hal ini dipicu oleh meningkatnya populasi kelas menengah, pendapatan kelompok muda yang semakin tinggi, dan berubahnya pola konsumsi masyarakat yang mengadopsi gaya hidup perkotaan. Data terbaru dari Asosiasi Pengusaha Bakery (APEBI) menunjukkan bahwa industri roti Indonesia tumbuh antara 10-15% per tahun, dengan pangsa pasar terbesar didominasi oleh produksi roti lembut dan segar dengan kadar gula tinggi.
General Manager Marketing, Indonesia Industrial Eksports PT. SMART Tbk, Davy Johan mengatakan ?Kami sangat senang dapat menyajikan tren paling menarik di pasar roti Indonesia saat ini dengan serangkaian kegiatan baking demo dari para chef profesional dan dengan menyelenggarakan pameran produk,? katanya.
"Program edukasi konsumen terbaru kami, "Taste Spring" terinspirasi oleh roti dan kue-kue ala Jepang dan Korea," imbuhnya.
Program ini sebelumnya dilaksanakan di kota-kota besar di Indonesia dari bulan Maret hingga September 2016 dan ditandai dengan baking demo di Bandung, Semarang, Medan dan Jakarta. Lebih dari 600 peserta dari industri skala kecil, menengah dan toko roti modern mengikuti program ini.
Industri roti di Indonesia terus mengalami kemajuan pesat. Permintaan untuk portofolio margarin dan shortening terus meningkat karena didukung oleh meningkatnya makanan ringan dalam kemasan dan roti-roti segar. Karena Tren urbanisasi yang diikuti dengan pendapatan masyarakat yang lebih tinggi, konsumen mengungkapkan preferensi mereka yang meningkat terhadap produk roti segar yang sangat berbeda dari kebutuhan mereka terhadap bahan-bahan kebutuhan pokok seperti beras.
Menurut Euromonitor, produk roti artisan terus memimpin kategori produk bakery di Indonesia pada tahun 2015, dengan pangsa pasar sebesar 49%. Penelitian lebih lanjut dari APEBI menekankan bahwa jenis roti yang paling disukai adalah roti manis dengan berbagai variasi isian. Jenis bakery kedua yang paling digemari dan hamper ada di setiap toko roti adalah roti tawar. Secara kolektif produk ini mendorong berkembangnya toko roti ala barat yang menjual roti yang lebih lembut dan manis yang sangat digemari masyarakat Indonesia.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Leli Nurhidayah
Editor: Leli Nurhidayah
Tag Terkait: