Maskapai nasional Garuda Indonesia memperluas layanan jaringan bisnis kargo dengan membuka Kantor Kargo Regional Kalimantan dan Indonesia Timur sekaligus Sales Office di Kota Makassar, Sulawesi Selatan.
Peresmian Kantor Kargo Garuda Indonesia itu dilakukan langsung oleh Direktur Cargo Garuda Indonesia Sigit Muhartono. Peresmian kantor regional tersebut menandai ekspansi bisnis kargo Garuda Indonesia ke kawasan Indonesia timur.
Sigit mengatakan pihaknya memilih Makassar sebagai lokasi kantor regional di Indonesia timur lantaran posisinya sangat strategis. Berangkat dari filosofi tersebut, pihaknya juga sengaja membangun kantor regional di tengah Kota Daeng untuk memudahkan pelayanan terhadap pelanggan.
"Lokasi tempat dipilih di jalan arteri kota antara timur dan barat untuk memudahkan masyarakat dari seluruh penjuru Makassar," kata Sigit di Makassar, Jumat, (21/4/2017).
"Kantor regional yang terletak di Jalan Pettarani ini nantinya menjadi outlet percontohan untuk CSC (cargo service center) lainnya. Tidak menutup kemungkinan jika ke depannya konsep yang sama diaplikasikan ke CSC di kota lainnya," sambung Sigit.
Upaya Garuda Indonesia meningkatkan pelayanan di kawasan Indonesia timur, Sigit menjelaskan tidak lepas atas besarnya kontribusi daerah tersebut. Sepanjang 2016 kontribusi Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Papua berhasil membukukan US$26,3 juta atau 11,5 persen dari total pendapatan Garuda Indonesia. Untuk 2017, target pertumbuhan pendapatan Garuda Indonesia meningkat 33 persen.
"Untuk kuartal I-2017 sudah peningkatan 10 persen dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu," papar Sigit.
Potensi pertumbuhan market kargo di kawasan Kalimantan dan Indonesia Timur, Sigit menyebut merupakan peluang yang tidak boleh disia-siakan. Beberapa komoditas lokal penunjang yakni pertanian dan perikanan. Khusus untuk Sulawesi saja, produksi dua komoditas tersebut masing-masing 39,7 ton dan 1,2 juta ton.
Melalui peresmian kantor regional kargo di Makassar, Sigit melanjutkan masyarakat Makassar dapat menikmati layanan pengiriman barang lewat udara ke seluruh rute yang diterbangi Garuda Indonesia. Pelanggan disebutnya dapat mengirim barang lewat CSC berdasarkan drop dan pick-up point yang diinginkan, baik itu city to door, city to port, maupun door to door.
Adapun, pelanggan yang memprioritaskan pengiriman berdasarkan kecepatan waktu, berat atau jenis komoditas bisa menggunakan layanan reguler atau Go Express.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Tri Yari Kurniawan
Editor: Cahyo Prayogo
Tag Terkait: