Dari seluruh merek Fast Moving Consumer Goods (FMCG), Coca Cola merupakan merek yang paling sering dipilih oleh konsumen di dunia. Setidaknya 42% dari seluruh rumah tangga di dunia pernah membeli merek Coca Cola sekitar 13 kali dalam kurun satu tahun terakhir.
Coca Cola juga berada pada posisi teratas dari daftar merek yang paling banyak dipilih di total 9 negara, termasuk Amerika Serikat, Brazil, Mexico, dan Turki. Hal tersebut merupakan hasil global ranking Brand Footprint 2017 yang diluncurkan oleh perusahaan riset Kantar Worldpanel.
Brand footprint adalah penelitian yang dilakukan oleh Kantar Worldpanel setiap tahun. Dasar pengukurannya dilakukan dengan menggunakan metriks Consumer Reach Point (CRP).
?Kami melakukannya dengan mengukur seberapa banyak rumah tangga membeli sebuah merek (penetrasi) dan seberapa sering merek tersebut dibeli oleh konsumen (frekuensi),? jelas Fanny Murhayati, Business Development Director Kantar Worlpanel Indonesia, Selasa (30/5/2017).
Dengan kata lain, Brand Footprint menunjukkan kekuatan berbagai merek dan mencakup 15,300 merek, 200 kategori, dan 1 milyar rumah tangga dari 43 negara di seluruh dunia. Brand Footprint meliputi sektor-sektor FMCG, seperti sektor makanan, minuman, kebutuhan rumah tangga dan kesehatan serta kecantikan.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Ning Rahayu
Editor: Rizka Kasila Ariyanthi