Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Media Sosial Dominasi Kenaikan Trafik XL Periode Lebaran

        Media Sosial Dominasi Kenaikan Trafik XL Periode Lebaran Kredit Foto: Sufri Yuliardi
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Operator telekomunikasi PT XL Axiata Tbk mencatat trafik penggunaan layanan data selama Lebaran 2017 mencapai 4.020 Tera Byte (TB), meningkat 218 persen dibanding Lebaran periode sama tahun 2016.

        "Media sosial mendominasi kenaikan trafik layanan komunikasi XL periode 20-27 Juni 2017. Pelanggan lebih aktif berkomunikasi melalui media sosial berbagai platform baik dalam format text, voice, video call, maupun multimedia," kata Direktur/Chief Service Management Officer XL Axiata, Yessie D. Yosetya, di Jakarta, Rabu (28/6/2017).

        Menurut Yessie, media sosial memicu kenaikan trafik data periode H-5 hingga H+2 Lebaran yang menembus 4.020 TB, meningkat dari rata-rata trafik data di hari-hari biasa sebesar 3.600 TB. Trafik akses ke Facebook meningkat tertinggi lebih dari 50 persen, disusul instagram lebih 20 persen, serta YouTube lebih dari 17 persen.

        Sementara itu, kenaikan trafik juga terjadi pada akses ke layanan Google seperti Google Map dan aplikasi penunjuk rute jalan dan kepadatan lalu lintas Waze hingga mencapai lebih dari 135 persen.

        Kenaikan akses ke kedua layanan tersebut seiring dengan melonjaknya kebutuhan pelanggan atas informasi rute dan kondisi lalu lintas saat menuju kampung halaman dan lokasi-lokasi wisata di luar Jabodetabek.

        Yessie menambahkan, secara keseluruhan kenaikan akses data pelanggan XL merupakan dampak positif dari perluasan layanan 4G LTE dan 3G U900 di berbagai daerah di Indonesia, termasuk perluasan jaringan di berbagai daerah di luar Jawa, baik di Sumatera, Kalimantan, serta Sulawesi.

        Kecenderungan tersebut terlihat dari meningkatnya akses ke layanan social media messaging (WhatsApp, FB Messenger, LINE) lebih dari 46,5 persen, sekaligus menunjukkan perubahan kebiasaan pelanggan yang sebelumnya banyak menggunakan layanan tradisional SMS.

        Hal yang sama juga terjadi pada akses layanan video call (WhatsApp Call, BBM, Facebook VoIP, Skype, Viber, Line) tumbuh hingga sekitar sembilan persen, sebagai sarana baru untuk menggantikan layanan voice tradisional atau telepon biasa.

        "Kualitas akses data melalui jaringan 4G LTE terbukti telah meningkatkan kenyamanan pelanggan dalam mengakses layanan data, termasuk konten data berukuran besar seperti video/film dan foto-foto beresolusi tinggi," tegas Yessie. (CP/Ant)

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Cahyo Prayogo

        Bagikan Artikel: