Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Digitalisasi UKM, Bukalapak Lakukan Kerja sama dengan Kemenkominfo

        Digitalisasi UKM, Bukalapak Lakukan Kerja sama dengan Kemenkominfo Kredit Foto: Bukalapak
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Bukalapak terus memperkuat komitmen untuk memajukan semua pelaku UMKM di Indonesia dengan menghadirkan akses untuk meningkatkan produktivitas dan pemasaran mereka melalui platform digital. Kali ini Bukalapak bekerja sama dengan Direktorat Pemberdayaan Informatika dari Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) menggelar roadshow edukasi bagi pelaku UMKM agar dapat berjualan secara online.

        Kerja sama ini merupakan bentuk dukungan Bukalapak kepada pemerintah melalui program UMKM Go Online?untuk seluruh wilayah Indonesia. Rangkaian roadshow dan edukasi ini akan diadakan di beberapa kota dan kabupaten dalam periode Agustus 2017 hingga Desember 2019.

        Kegiatan roadshow dan edukasi yang diadakan oleh Bukalapak dan Kemenkominfo?ini mengundang lebih dari 250 peserta umum. Target dari edukasi UMKM Go Online sebanyak 20.000 UMKM. Mereka akan dibekali dengan bimbingan untuk mendigitalisasi bisnis mereka dari proses pengenalan online hingga pemasaran bisnis secara online.

        Setelah mengikuti pelatihan ini, peserta akan mendapatkan kesempatan untuk bergabung bersama Bukalapak dan menjadi Pelapak serta anggota komunitas Bukalapak.

        "Kami melihat tengah terjadi perubahan perilaku belanja masyarakat di Indonesia, dari konvensional menjadi secara online. Hal ini dikarenakan bisnis online yang tengah diminati oleh masyarakat luas. Melalui kegiatan roadshow ini, kami ingin mengedukasi para pelaku UMKM agar dapat memanfaatkan platform online," ujar Head of Community Management Bukalapak Muhammad Fikri dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Kamis (7/9/2017).

        Dengan dukungan dari pemerintah, kesempatan para UMKM di berbagai pelosok daerah di Indonesia untuk melek digital akan cepat terlaksana dan terus bertambah. Di tahun 2017 ini Bukalapak telah berhasil merangkul hampir dari dua juta pelapak untuk bergabung dan meningkatkan kinerja mereka di era digital serta memiliki komunitas yang tersebar di 70 kota di Indonesia.

        Fikri menambahkan Komunitas Bukalapak ini juga tergolong aktif dalam memberikan edukasi bagi para UMKM yang belum terakses digital maupun kepada para UMKM yang omzet penjualannya masih rendah. Program yang diberi nama Program Kelas Komunitas ini adalah sebuah program dari komunitas Bukalapak untuk komunitas di mana pemateri adalah para korlap ataupun pelapak senior yang mempunyai badge minimal Calon Juragan.

        "Para pelapak Komunitas Bukalapak akan memberi materi dan membimbing selama tiga bulan kepada para komunitas lain. Program ini dibuat dengan tujuan untuk meningkatkan omszt, menambah anggota komunitas, serta mempererat anggota komunitas di masing-masing regional," pungkasnya.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Cahyo Prayogo
        Editor: Cahyo Prayogo

        Bagikan Artikel: