Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) RI Asman Abnur, mengatakan dalam waktu dekat Indonesia bakal memiliki Mall Pelayanan Publik yang bekerja sama dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).
Menurutnya sistem pelayanan satu pintu yang terintegrasi dengan teknologi melalui Mall Pelayanan Publik.
Asman Abnur, menuturjan, Mall Pelayanan Publik terintegrasi ini akan membantu memudahkan masyarakat dalam mengurus berbagai urusan, seperti perpajakan, surat nikah, SKCK, SIM dan paspor.
"Jadi semua pelayanan terintegrasi di satu gedung mulai dari mengurus SKCK bahkan surat kawin dan lainnya semuanya ada disana. Ini kita resmikan tahun ini di DKI Jakarta, Batam dan Surabaya. Nantinya Mall Pelayanan Publik akan kita jadikan ciri khas pelayanan publik kita dan saya harap Kota Palembang juga ada," tuturnya saat?di Palembang, Jumat lalu.
Dia menerangkan Mall Pelayanan Publik tersebut tidak saja inovatif,?karena memerlukan informatif yang tersosialisasi hingga ke bawah, secanggih apapun sistem tidak mampu menjangakau daerah terpelosok.
Oleh sebab itu, menurutnya sekda juga harus menjadi ujung tombak indikator yang dijadikan motor penggerak untuk aparatur negara dalam meningkatan pelayanan publik.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Irwan Wahyudi
Editor: Vicky Fadil