Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        8.604 Tenaga Kerja di Konawe Kepulauan Berasal dari UMKM

        8.604 Tenaga Kerja di Konawe Kepulauan Berasal dari UMKM Kredit Foto: Antara/Jojon
        Warta Ekonomi, Kendari -

        Pemerintah Kabupaten Konawe Kepulauan, Sulawsi Tenggara (Sultra), menyebutkan sektor usaha mikro kecil dan menegah (UMKM) di daerah itu mampu menyerap 8.604 tenaga kerja.

        "Berdasarkan data BPS 2016, tenaga kerja yang diserap itu berasal dari 4.046 unit UMKM yang ada di daerah kami," kata Wakil Bupati Konawe Kepulauan Andi Lutfi di Kendari, Minggu (29/10/2107).

        Ia mengatakan sektor usaha mikro kecil menengah (UMKM) masih menjadi andalan dalam penyerapan tenaga kerja di Konawe Kepulauan. "Sektor UMKM ini salah satu sektor riil yang paling banyak menyerap tenaga kerja dibanding sektor lainnya," ujarnya.

        Berbagai program, kata Lutfi, telah dilakukan pemerintah untuk penumbuhkan sektor UMKM di daerah itu. "Salah satunya adalah mendorong UMKM mengembangkan program unggulan pada setiap desa," katanya.

        Ia menyebutkan, UMKM di Kabupaten Konawe Kepulauan terdiri atas 4.035 unit usaha mikro kecil dan delapan masuk kategori usaha menengah besar. "Jika penyerapan tenaga kerja sektor UMKM ini terus meningkat maka akan mengurangi angka kemiskinan dan angka pengangguran di daerah," katanya. (FNH/Ant)

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Fauziah Nurul Hidayah

        Bagikan Artikel: