PT Sompo Insurance Indonesia (Sompo Insurance) melakukan berbagai penyempurnaan melalui perbaikan kualitas pelayanan yang diberikan kepada para pelanggan di sepanjang tahun ini. Salah satu jenis layanan yang mendapat perhatian khusus untuk ditingkatkan adalah layanan klaim asuransi (Claim Service).
Perbaikan layanan klaim dilakukan oleh Sompo Insurance secara internal maupun eksternal untuk memberikan kemudahan serta kenyamanan bagi para pelanggan dalam setiap proses klaim asuransi yang diajukan.?
Menurut Chief Operational Officer Sompo Insurance Eric Nemitz, kemajuan pesat Sompo Insurance dalam beberapa tahun terakhir tidak terlepas dari perbaikan terus-menerus yang dilakukan pada seluruh aspek bisnis Sompo, terutama service yang diberikan kepada pelanggan.
"Layanan klaim Sompo Insurance yang lebih komprehensif telah tersedia dengan menghadirkan sejumlah fasilitas bagi para pelanggan Sompo Insurance seperti anchor workshop, penggantian bagian kendaraan di tempat (RPOS) yang berlaku untuk area Jabodetabek dan Surabaya, Motor Quick Claim (MQC) yang berlaku khusus di area Jabodetabek, dan penyelesaian klaim properti di tempat," ujar Eric Nemitz dalam keterangannya di Jakarta, Selasa (28/11/2017).
Keberadaan fasilitas yang saat ini tercakup dalam layanan klaim merupakan realisasi komitmen Sompo Insurance untuk menyediakan layanan dengan mutu terbaik yang ditujukan secara eksternal kepada para pelanggan.?
Sementara itu, Head of Claim Division Sompo Insurance Nizar Lubis menuturkan, melalui komitmen yang telah dilakukan untuk mengembangkan layanan klaim, para pelanggan tentu mendapatkan keuntungan berupa proses klaim yang lebih cepat serta layanan klaim yang lebih baik.
Tidak hanya melalui penyediaan fasilitas yang ditingkatkan dan ditujukan secara eksternal, Sompo Insurance juga melakukan sejumlah perbaikan dalam alur proses klaim internal.
"Beberapa perbaikan yang dilakukan oleh Sompo di antaranya peninjauan ulang proses klaim, penyediaan informasi yang lebih detail mengenai alur proses klaim, pengubahan sistem lelang manual kendaraan salvage menjadi elektronik (e-bidding), serta penggunaan aplikasi penyedia analisa klaim tambahan," ucapnya.
Menurutnya, perbaikan proses klaim Sompo Insurance secara internal ini akan mempermudah dan meningkatkan kualitas layanan proses klaim yang prudent?serta membangun transparansi dan mencegah kebocoran finansial maupun penyimpangan prosedur.
"Dalam melakukan pencegahan kebocoran finansial dan penyimpangan prosedur, Sompo Insurance ditunjang dengan kerangka antifraud yang dimiliki oleh divisi klaim serta komitmen pihak internal dan eksternal," tandasnya.?
Audit bengkel tanpa pemberitahuan juga menjadi cara lain bagi Sompo Insurance untuk meminimalisasi kebocoran finansial dan penyimpangan prosedur yang mungkin terjadi selama proses klaim berlangsung.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Fajar Sulaiman
Editor: Fauziah Nurul Hidayah
Tag Terkait: