Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Layanan Trafik Data XL Meningkat 20% saat Tahun Baru

        Layanan Trafik Data XL Meningkat 20% saat Tahun Baru Kredit Foto: Dina Kusumaningrum
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Trafik layanan data PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) pada liburan pergantian tahun 2017/2018 mengalami peningkatan daripada hari biasa dan di periode yang sama tahun lalu. Peningkatan trafik data terjadi di sepanjang 28 Desember 2017 hingga 1 Januari 2018.?

        Selama 5 hari tersebut, puncak peningkatan trafik data terjadi pada malam pergantian tahun baru hingga? 1 Januari 2018 yang mencapai sekitar 20%. Jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu, kenaikan trafik data mencapai 160% di tanggal 1 Januari 2018. Bahkan, untuk trafik layanan 4G LTE mencapai 300% di tanggal yang sama.

        Direktur Teknologi XL Axiata Yessie D Yosetya menyebutkan, tren kenaikan trafik akses video melalui layanan YouTube di liburan Natal, berlanjut pada periode pergantian tahun dan mencapai kenaikan 15 kali lipat. Sementara kenaikan trafik berbagai layanan data terjadi di sebagian besar wilayah layanan XL Axiata.

        Menurutnya, hal ini merupakan hasil dari upaya sepanjang tahun 2017, dimana XL Axiata secara masif telah memperluas jangkauan jaringan internet cepat, baik 3G U900 maupun 4G LTE di berbagai daerah, termasuk di ratusan kota/kabupaten di luar Jawa.

        "Selain akses ke layanan data dan video streaming dan social media menjadi pendorong utama kenaikan trafik tersebut, kenaikan trafik yang kami raih juga tidak terlepas dengan semakin nyamannya pelanggan menggunakan layanann 4G LTE di berbagai daerah. Hingga akhir Desember 2017, kota/kabupaten yang telah terjangkau layanan internet berkecepatan tinggi ini telah mencapai 360 kota, dengan jumlah pelanggan yang tentu juga terus meningkat. Dengan 4G LTE, akses ke konten-konten video dan film menjadi semakin baik dan nyaman untuk dinikmati," ujarnya, dalam keterangan resmi di Jakarta, Rabu (3/1/2018).

        Facebook, Twitter, Instagram, LINE, dan Youtube masih menjadi tempat pelanggan XL Axiata untuk menghabiskan aktivitasnya di dunia digital. Secara rata-rata, akses ke media sosial berbagai platform tersebut naik sebesar 15%, dimana di puncak malam tahun baru kenaikannya mencapai sekitar 60%. Akses ke aplikasi Whatsapp menjadi yang paling tinggi kenaikannya, mencapai 70%. Bahkan, di malam tahun baru naik sampai dengan 1.000% dibandingkan malam biasanya.

        Sementara itu, terkait area dengan kenaikan trafik tertinggi, wilayah?Jawa Tengah dan?Jawa Barat?menyumbang kenaikan tertinggi dengan 29% dan 21%. Untuk wilayah kota besar lainnya di luar Jawa seperti Medan naik sekitar 5%, Makassar 4%, Palembang 21%, Pontianak 22%, dan Lampung 22%. Sementara di daerah tujuan wisata utama Bali, terjadi kenaikan sebesar 24%, Yogyakarta 27%, dan Bandung 13%.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Annisa Nurfitri
        Editor: Fauziah Nurul Hidayah

        Bagikan Artikel: