Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Fetra Syahbana: Keluar Zona Nyaman, Tumbuh Bersama F5 Networks

        Fetra Syahbana: Keluar Zona Nyaman, Tumbuh Bersama F5 Networks Kredit Foto: Sufri Yuliardi
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Bicara soal karir, keluar dari zona nyaman bukanlah hal yang mudah. Apalagi jika sudah ikut membangun dan mengubah paradigma sebuah perusahaan selama belasan tahun. Bagi Fetra Syahbana, Country Manager Indonesia, F5 Networks, zona nyaman tidak memberi tantangandan cenderung membuatkreativitasseseorang terhenti. ?Saya bukan orangyang suka kenyamanan,karenamembuatkitastuck danberhenti berkreasi,?paparnya kepada WartaEkonomi beberapa waktu lalu.

        Pada awalnya Fetra bercita-cita menjadi dosen, menurutnya profesi tersebut cocok untuk menyalurkan ide-idenya. Ia pun menekuninya di Bandung. Hinggaakhirnya ada tawaranuntuk bekerja diibukota, anak ketiga dari empat bersaudara ini pun memutuskan untuk ?iseng? menerimanya.

        Jiwa pengajarhaus ilmu itulah yang membuat Fetra menyelam ke dunia teknologi. Dunia TI yang dinamis danterusmenerusberkembang, memacukreativitasdantidak membuatnya berhenti berpikir dan berinovasi, apalagi, teknologi diciptakan untuk mempermudah hidup manusia.

        Namun di tahun 2013 pria lulusan Institut Teknologi Bandung (ITB) ini memutuskan untuk bergabung dengan F5 Networks setelah 19 tahun berkarir bersama perusahaan teknologi asal Amerika Serikat (AS),IBM. Ia memutuskanpindah ke F5Networks,perusahaanteknologiyangkala itu justru belumbegitu dikenalnya. Memang diakuinya keputusan itu cukup lama ia pertimbangkan, yakni selama 1,5 tahun. Ia puntertantang untuk berkreasi di luar zona nyaman bersama perusahaan spesialisapplication delivery networking tersebut.

        "F5 Networksbagus, tapibelumbanyak dikenalorang. Meski telah berdiri sejak 1996 dan beroperasi di 32 negara termasuk Indonesia yang dimulai pada pada 2009, bahkan telah memiliki banyak klien di sini, F5 Network belum dikenal. Inilahtantangan saya, membuatF5 Networks dikenal orang dalam waktu yang singkat," ujar penghobi fotografi ini.

        Sejakbergabungdengan F5 Networks,Fetramengakupilihannyatepat karenadirinya takpernahmelihat ke belakang.Ia mengatakan, semulamemangadapertanyaandarikeluargaterkait keputusan tersebut, terutama karena mereka menilai IBM lebih besar dan terkenal. "Saya mendapat restu orangtua, terutama ibu, Itu yang paling utama,? ujarnya.

        Karenatakingin menjalankan sesuatu yang disesali di kemudian hari, ia pun melakukan riset mengenaiF5 Networksdengan menyeluruh. Dimatanya perusahaan yang bermarkas di Seatle, Washington, AS ini seperti berlian yangbelumdiasah. "Namun perpindahan ini bukan upgrade, karena IBM sudah memiliki nama sedangkan F5 Networks di Indonesia harus dibangun dari awal. Nampak sulit, namun justru ini yang membuat saya semangat, saya suka halsepertiitu. Mengembangakan sebuahbisnis,kemudian memberikan kesempatan orang lain untuk ikut belajar dan berkontribusi,? lanjutnya.

        Target awalFetra di F5 Networks sebenarnya tidaklah mudah,?? selain? memposisikanF5 Networksdi pasar Indonesia, ?ia? juga harus membangun?organisasidan mengembangkan bisnisnya di Tanah Air. ?Apa yang ia lakukan ?terbilang sukses. ?F5 Network kini sudah tersebar di kota-kota besar dan memiliki klien-klien korporasi ternama.

        Empat hal esensial yang ia tekankan adalah meningkatkan kecepatan, memastikan keamanan, simplicity, dan beradaptasi dengan tren. Ia menganalogikannya sebagai sebuah kapal besar yangbergerak lambat, lalu diubah menjadi sejumlah speedboat yang dapat berjalan dengan sangat cepat namun tetap terhubung.

        Namun Indonesia coveragenya amat luas sehingga takada yangbisa melakukan semuanya sendirian.Oleh karenanya perlu partner bisnis, dengan bekerjabersama ia yakinF5 Networks juga akan berkembang.

        Untuk 2018 ini Fetra berharap F5 Indonesiabisa tumbuh hingga double digit menjadi penyumbang terbesarbagiperusahaandi kawasan Asia Tenggara.Selain itu, jugaakan semakinbanyak berperandi proyek-proyek nasional atau berkontribusi bagi kemajuan bangsa. ?F5 Networks akan tetap bertransformasi. Tujuan utama kami tetap untuk memastikanapplication delivery berjalan secara konsisten, cepat, dan aman,? pungkasnya.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Sufri Yuliardi
        Editor: Sufri Yuliardi

        Bagikan Artikel: